Berita

SAMBUT 2024; REKTOR KENALKAN TRISULA RESOLUSI UINSA

UINSA Newsroom, Sabtu (30/12/2023); Bertempat di Ruang Amphiteather Gedung Integrasi Kampus Gunung Anyar UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Rektor UINSA menyampaikan Resolusi Tahun 2024 pada Jumat, 29 Desember 2024. Kegiatan ini dihadiri segenap jajaran pimpinan Senat, Fakultas, Unit, maupun Lembaga, serta tim manajemen di lingkungan UINSA Surabaya.

Dalam paparan tunggal yang disampaikan, Rektor menjelaskan, bahwa menyongsong tahun 2024, UINSA perlu memiliki resolusi yang tepat sebagai hasil dari evaluasi selama satu tahun 2023. Menurut Rektor, Resolusi memiliki dua unsur, yakni Decision dan Promise. “Keputusan yang harus kita ambil untuk mengisi bagian dari kehidupan kita pasca hari, sekaligus itu adalah janji kita,” ujar Prof. Akh. Muzakki, M.ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D.

Karenanya, dalam kesempatan ini Rektor secara khusus mengenalkan tiga resolusi penting yang merujuk pada Rencana Strategis Bisnis (RSB) dan Rencana Strategis (Renstra) UINSA. “Resolusi ini adalah penentuan strategi untuk mencapai rencana yang sudah di RSB dan Renstra kita semua,” tegas Prof. Muzakki.

Tiga Resolusi penting yang disebut dengan ‘Trisula Resolusi 2024’ ini terdiri dari Internasionalisasi, Hilirisasi Digital, dan Enterprising. Lebih lanjut dijelaskan Rektor, bahwa Internasionalisasi mencakup menjadikan UINSA berstandar internasional baik dalam layanan maupun mutu akademik.

Kedua, terkait Hilirisasi Digital. Hal ini merupakan pengembangan dari proses digitalisasi yang telah dilakukan UINSA selama 2023 melalui ‘My UINSA Super Apps.’ Tahun 2024, UINSA akan mulai melakukan integrasi dari seluruh proses layanan digital. “Saya harus memberikan disclaimer, ini tidak ada kaitannya dengan pilpres, karena ini konsep yang cukup lama sudah beredar terkait dengan kemajuan teknologi digital,” tegas Prof. Muzakki.

Hilirisasi digital yang disampaikan Rektor mencakup tiga komponen penting yakni Operasional, Pemasaran, dan Layanan Pelanggan. “Saya mengajak kepada kita semua, sekarang kita bermigrasi besar-besaran. Tahun 2024, saya berharap bahwa, urusan hilirisasi digital integrasi layanan ini kita selesai. Supaya kemudian memudahkan langkah berikutnya di tahun yang akan datang,” jelas Prof. Muzakki.

Ketiga, enterprising. Yakni upaya-upaya strategis bisnis dalam rangka meningkatkan pendapatan universitas melalui kanal-kanal bisnis yang dimiliki UINSA. Terutama dibawah komando Pusat Pengembangan Bisnis UINSA.

Dalam kesempatan ini, Rektor juga menegaskan kembali tentang tata kelola “University as an Academic Industry.” Dimana Rektor bertugas sebagai CEO yang bertugas menggerakkan seluruh komponen kampus agar bekerja sesuai dengan bidang dan tusi masing-masing.

Maka, di tahun 2024 UINSA memiliki lima nilai kerja yang harus mendasari langkah pencapaian kinerja. Yakni Satu Barisan, GPL (Gak Pakek Lama), Buy One Get Two, Berorientasi Pendapatan Akademik-Finansial, dan Clean and Clear. “Saya sering mengatakan untuk diri saya sendiri: Salatmu banyak riya’nya, banyak bolongnya. Ibadahmu gak terlalu sempurna. Maka, mudah-mudahan jabatan di UIN, amanah di UIN kita tunaikan sebagai sarana kendaraan kita untuk masuk surga,” imbuh Prof. Muzakki.

Di akhir paparan, Rektor pun mengenalkan slogan baru UINSA berupa, ‘Stronger Together, Together Stronger.’  Sebuah spirit kebersamaan untuk membangun UINSA menjadi kampus yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional. “UINSA kita bangun bersama-sama. Karena kemuliaan kita ditentukan oleh seberapa tinggi kontribusi kita kepada lembaga,” tukas Prof. Muzakki. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Desain Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rian