Berita

REKTOR: PSU PENTING GUNA MENJAMINMUTUKAN KUALITAS LEMBAGA DI RUANG PUBLIK

UINSA Newsroom, Selasa (08/08/2023); Paparan Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya membuka hari kedua kegiatan, ‘Akselerasi Proyek Strategis Universitas (PSU) Rektor Tahun 2023,’ Selasa, 08 Agustus 2023. Dalam kesempatan ini Rektor secara khusus menyampaikan pesan agar tidak terlena pada kesuksesan semu yang diperoleh.

“Don’t let others burst your positive bubble’,” kalimat pembuka yang mengawali paparan Rektor di hadapan 228 peserta terdiri dari Dekan, Wakil Direktur, Kepala Jurusan, Kaprodi-Sekprodi, Gugus Kendali Mutu, Kepala Laboratorium, serta Koordinator bidang pada UINSA Surabaya.

Rektor memiliki perhatian serius terhadap tata kelola dan kinerja Lembaga. Tahun 2022, UINSA menerima banyak penghargaan baik dari kementerian maupun Lembaga lainnya. “Hari ini mungkin satu-satunya PTKIN yang selalu diincer pergerakannya itu hanya UINSA. Dari banyak macam, mulai dari kerjasama, keuangan, kinerja-kinerja yang lain itu selalu dilihat dan diperhatikan oleh banyak PTKIN,” ujar Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip., SEA., M.Phil., Ph.D.

Hal ini mengingatkan Rektor, bahwa ada fenomena yang sangat membahayakan, yakni the bubble phenomenon, fenomena busa. Banyaknya penghargaan di akhir 2022, menurut Rektor, harus segera diiringi dengan kerja keras agar tidak mudah dirusak oleh hal kecil. “Kalau kemudian fundamentalnya tidak clear, tidak kuat, maka sukses itu akan segera bisa ditusuk oleh orang,” tegas Prof. Muzakki.

Guru besar UINSA bidang Sosiologi ini menegaskan, bahwa UINSA Surabaya dengan 62 prodi yang dimiliki baru memiliki 21 prodi dengan akreditasi unggul (A) di usia hampir 60 tahun sejak 1965. Karenanya, Rektor terus berupaya melakukan intervensi agar capaian tersebut bisa meningkat.

Tahun ini, lanjut Rektor, sebanyak 12 prodi akan segera dilakukan visitasi oleh asesor ASIIN dan FIBAA. Sisanya akan dilakukan intervensi internal dengan cara yang sama. “Bapak ibu kumpul disini adalah dalam rangka untuk melakukan percepatan pekerjaan besar kita ini. Ada dua isu besar dari proyek strategis universitas,” terang Prof. Muzakki.

Dua hal tersebut yaitu akreditasi unggul dan world university rangking. “Kita berharap sekali bahwa UINSA ini bisa menjadi PTKI pertama yang masuk 10 besar Perguruan Tinggi Islam terbaik di Asia,” harap Prof. Muzakki.

Rektor secara khusus juga mengingatkan kepada segenap unit pelaksana program studi agar tidak menjauhi pasar. Yakni stakeholder internal maupun eksternal, khususnya mahasiswa dan orangtua wali. Jangan sampai penyelenggaraan prodi jauh dari espektasi para stakeholder tersebut.

“Kita bisa berdebat soal rangking perlu atau tidak, rangking penting atau tidak. Tapi fakta di lapangan tetap saja, kalau orang pingin sekolah, pingin kuliah, pingin menyekolahkan putranya yang dilihat pertama kali adalah rangkingnya berapa, akreditasinya apa?” tegas Prof. Muzakki.

Selama tiga hari pada Senin-Rabu, 7-9 Agustus 2023 bertempat di Hall Awana The Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center kegiatan ‘Akselerasi Proyek Strategis Universitas (PSU) Rektor Tahun 2023’ dibuka dengan agenda Perumusan Pembentukan Dewan Penasehat Dunia Usaha-Industri dan Pengguna Jasa (Pengisian Kertas Kerja).

Hari kedua, Mitigasi Akreditasi Unggul dan Proyeksi Akreditasi Internasional (Pengisian Kertas Kerja) serta Tindak Lanjut Kinerja Laboratorium berbasis RTM; Akselerasi World Rangking: Positioning Program Studi Berdasarkan Indikator QS World Ranking (Pengisian Kertas Kerja); Desain Pengembangan Talent Scouting: Proyeksi Pesona 2024, OASE 2025, dan Event Internasional Berbasis Prodi (Pengisian Kertas Kerja); Evaluasi IKU-IKT-IKK GKM, Laboratorium, Program Studi Paruh Waktu (turunan IKU-IKT-IKK Dekan/Direktur) dan Penentuan Ciri khas Keunggulan Prodi (Pengisian Kertas Kerja).

Selanjutnya hari ketiga, akan diisi dengan agenda Penetapan Hasil, RTL dan Penandatanganan Komitmen Mutu pada Paruh Waktu Tahun Fiskal. (All/Humas)