Berita

AKSELERASI PSU, UPAYA JAGA SEMANGAT CIVITAS AKADEMIKA DAN TIM MANAJEMEN

UINSA Newsroom, Selasa (08/08/2023); Momen kegiatan, ‘Akselerasi Proyek Strategis Universitas (PSU) Rektor Tahun 2023’ dibuka dengan mengaji bersama serta tausiyah yang disampaikan Sekretaris Senat Univesitas, Dr. H. Ah. Ali Arifin, MM.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari pada Senin-Rabu, 7-9 Agustus 2023 tersebut bertempat di Hall Awana The Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center. Dihadiri 228 peserta terdiri dari Dekan, Kepala Jurusan, Kaprodi-Sekprodi, Gugus Kendali Mutu, Kepala Laboratorium, serta Koordinator bidang pada UINSA Surabaya.

Sekretaris Senat menyampaikan tentang pentingnya menjaga hubungan baik terutama dengan mahasiswa yang dapat dianalogikan sebagai konsumen layanan akademik yang menjadi core business kampus. “Kalau kita dimarahi bos karena kesalahan, itu bencana. Dan kalau kita dimarahi konsumen karena kesalahan, itu adalah bencananya bencana,” ujar Dr. Ali Arifin menganalogikan.

Momen kegiatan, ‘Akselerasi Proyek Strategis Universitas (PSU) Rektor Tahun 2023’ diharapkan dapat menjadi sarana menyemangati kembali civitas akademika serta tim manajemen. “Agar supaya UINSA kita, menjadi lebih bermanfaat, lebih maju, lebih barokah, dan itu merupakan jariyah kita masing-masing dalam segala posisi kita,” tegas Dr. Ali Arifin.

Terakhir, Sekretaris Senat menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Ketua Senat yang saat ini tengah bertugas di China dan Hongkong. Bersama dengan Ketua Komisi Etik Senat Akademik, Prof. Dr. H. Masruhan, M.Ag., Sekretaris Senat juga menyampaikan rencana bencmarking ke Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) kaitannya dengan rencana alih status BLU UINSA menjadi PTKN-BH.

“Bagaimana posisi Senat kalau perguruan tinggi kita, UINSA ini dari BLU menjadi PTKN-BH,” imbuh Dr. Ali Arifin. Termasuk rencana bencmarking  ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tentang adanya wali amanah ketika nantinya UINSA beralih status menjadi PTKN-BH. “Bagaimana posisi wali amanah itu, apa peran, tanggungjawab, tugas tupoksinya,” imbuh Dr. Ali Arifin memungkasi sambutan.

Jadwal hari pertama dari kegiatan ‘Akselerasi Proyek Strategis Universitas (PSU) Rektor Tahun 2023’ yakni Perumusan Pembentukan Dewan Penasehat Dunia Usaha-Industri dan Pengguna Jasa (Pengisian Kertas Kerja).

Hari kedua, Mitigasi Akreditasi Unggul dan Proyeksi Akreditasi Internasional (Pengisian Kertas Kerja) serta Tindak Lanjut Kinerja Laboratorium berbasis RTM; Akselerasi World Rangking: Positioning Program Studi Berdasarkan Indikator QS World Ranking (Pengisian Kertas Kerja); Desain Pengembangan Talent Scouting: Proyeksi Pesona 2024, OASE 2025, dan Event Internasional Berbasis Prodi (Pengisian Kertas Kerja); Evaluasi IKU-IKT-IKK GKM, Laboratorium, Program Studi Paruh Waktu (turunan IKU-IKT-IKK Dekan/Direktur), dan Penentuan Ciri khas Keunggulan Prodi (Pengisian Kertas Kerja).

Selanjutnya hari ketiga, akan diisi dengan agenda Penetapan Hasil, RTL dan Penandatanganan Komitmen Mutu pada Paruh Waktu Tahun Fiskal. (All/Humas)