Berita

REKTOR: KEBAIKAN UINSA ADA DI DADA KITA

UINSA Newsroom, Rabu (16/08/2023); Berdasarkan peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 7 Tahun 2017, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar Pelantikan Pejabat pada Selasa, 15 Agustus 2023 di Ruang Pertemuan Lt. 9 Tower Ismail Yakub Kampus A. Yani Surabaya.

Pelantikan kali ini mengagendakan Pengambilan Sumpah PNS, Pelantikan Dosen Asisten Ahli, Pelantikan Kaprodi dan Sekprodi Manajemen Pendidikan Islam Program Sarjana, Pelantikan Sekprodi Pendidikan Agama Islam Program Magister, Pelantikan Sekprodi Pendidikan Agama Islam Program Doktor.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan, bahwa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan prestasi. Sebab tidak semua warga bangsa bisa menjadi PNS. “Itu patut disyukuri. Tetapi syukur yang paling baik itu adalah menjadikan amanah yang diberikan kepada ibu bapak sekalian dengan kinerja terbaik,” ujar Prof. Muzakki membuka pengarahan.

Menjadi PNS di UINSA Surabaya, menurut Rektor, berbeda dengan menjadi PNS di tempat lain. Karena menjadi PNS di UINSA Surabaya berarti berkhidmat pada kemuliaan pendidikan anak bangsa.

Tak lupa, Rektor juga kembali mengingatkan tiga fungsi Aparat Sipil Negara (ASN). Pertama, sebagai pelaksana kebijakan publik. Kedua, pelayan publik. Dan ketiga, sebagai perekat dan pemersatu bangsa. “Saya mengajak kepada kita semua, kukuhkan mental sebagai PNS. Jangan sampai roboh mental kita. Jangan sampai jatuh mental kita. Jangan sampai runtuh mental kita,” tegas Prof. Muzakki.

Terdapat amanah negara, lanjut Rektor, yang diemban di tangan dan pundak ASN UINSA Surabaya. Yakni menjadi teladan baik bagi mahasiswa. “Jaga mulut, jaga jempol. Jangan atas nama kebebasan akademik, lalu kita bisa ngomong apa saja tanpa memikirkan di belakang itu ada ribuan mahasiswa yang siap mencontoh kita,” lanjut Prof. Muzakki.

Sebagai kampus dengan diksi Islam dalam namanya, maka menjadi tugas ASN UINSA untuk menjaga nilai-nilai keislaman serta marwah Lembaga. “Mohon kepada kita semua, jadilah PR (Public Relations, red) yang baik bagi UIN. Tebarkan kemuliaan di tengah masyarakat. Tebarkan kebajikan di seluruh lingkungan dimana kita tinggal, karena kemuliaan UINSA itu ada di dada kita,” seru Prof. Muzakki. (Nur-Chy/Humas)