Berita

UINSA Newsroom, Sabtu (18/05/2024); Pokja Humas Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2024 mengisi sesi kedua di hari kedua, pada Jumat, 17 Mei 2024. Dibuka dengan pengumpulan data melalui survey terkait pemanfaatan media sosial dalam proses sosialisasi dan promosi di masing-masing PTKIN.

Beberapa Output Kegiatan Sosialisasi UM-PTKIN Tahun 2024 yang diagendakan Pokja Humas antara lain: Kolaborasi PTKIN bersama medsos Eksternal, Survei Pokja Humas, Kolaborasi IG SPAN UM PTKIN dengan IG PTKIN, Video Majestic PTKIN, Gerakan penggunaan twibonze UM-PTKIN, dan Live IG Bersama Mahasiswa PTKIN.

Maulani bersama Widi Cahya Adi dari Tim Pokja Humas menjelaskan, bahwa tim telah berupaya melakukan pemetaan mengenai strategi-strategi sosialisasi UM PTKIN di satu bulan terakhir pendaftaran. Harapannya, capaian jumlah pendaftar akan meningkat secara signifikan sesuai dengan target yang ditetapkan.

Beberapa strategi yang didesain Tim Pokja Humas antara lain: Pembuatan Konten Informatif Grafis,Pembuatan Konten Informatif Video, Pembuatan Konten Receh Grafis, Pembuatan Konten Receh Video, Pembuatan Twibbone, Live Instagram bersama Dula/ Influencer PTKIN, Live Instagram bersama influencer terkenal/ guru/dosen muda/ anak kuliah dll, Live Instagram bersama mahasiswa penerima beasiswa/berprestasi, dan Kolaborasi Konten IG span_umptkin dengan IG PTKIN.

Selain itu, ada juga Iklan Instagram (manual), Iklan kolaborasi dengan media sosial terkenal, Lomba konten kreatif (Ayo Kuliah di PTKIN lewat UM-PTKIN), Penyediaan bahan sosialisasi untuk humas PTKIN 14 Optimalisasi Organisasi Daerah pada masing-masing PTKIN, Optimalisasi Komunikasi dengan Kanwil, WA Blast/Blast Email kontak peserta yang tidak lolos SPAN, dan Video kolaborasi PTKIN. “Disini kita duduk bersama, berjuang bersama, dan bekerja bersama untuk mensosialisasikan UM PTKIN tahun 2024,” ujar Maulani.

Dalam sesi yang diisi banyak sharing dan based practice kegiatan sosialisasi dan promosi di masing-masing PTKIN ini juga menjadi ajang mengenalkan potensi PTKIN. Salah satunya terkait pengalaman penggunaan Instagram Adsense untuk promosi kampus.

Widi menjelaskan, bahwa promosi penting dilakukan bukan saja untuk membagikan informasi pada masyarakat tapi juga bagaimana membuat masyarakat memiliki interest positif terhadap kampus. Termasuk pentingnya menggandeng pihak luar untuk berkolaborasi agar daya jangkau informasi lebih luas. “Kenapa kita menggaet pihak luar? Karena pihak luar punya followers yang mungkin belum memfollow kita,” terang Widi.

Kontinuitas dan kreatifitas tim humas juga menjadi hal penting, menurut Widi, untuk bisa menarik interest generasi Z. ” Kita bisa mengemas informasi itu dalam bentuk konten receh, sederhana, dan mudah diterima anak muda,” imbuh Widi.

Forum ditutup dengan pembuatan Konten bersama Tim Pokja Humas dan TIK menggunakan backsound lagu UM PTKIN berjudul ‘Menuju Cahaya.’ Sebuah lagu hasil karya AI yang diinisiasi Tim Pokja TIK, HarusHaris Setiaji, MTI., CISDE., CISDV., CITA., MOS., Ketua Pokja SSE UM PTKIN tahun 2024. (Nur/Humas)

Reportase: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya