Berita

Rabu, 10 Januari 2024, Perpustakaan bekerjasama dengan Rumah Publikasi UIN Sunan Ampel (UINSA) perdana menyelenggarakan kegiatan Sekolah Keperpustakaan. Kegiatan yang dilaksanakan pada 10-11 Januari 2024 ini diselenggarakan di GreenSA Inn Sidoarjo. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua program studi (kaprodi) di lingkup UINSA. Adapun tujuan kegiatan ini yaitu untuk mengoptimalisasikan pemanfaatan layanan Perpustakaan dan produktivitas karya tulis ilmiah.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan ketua panitia yaitu Prof. Dr. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. selaku kepala Perpustakaan. Dalam sambutannya, Prof. Evi menyampaikan bahwa Perpustakaan berharap bahwa apa yang dilanggan Perpustakaan dapat bermanfaat bagi sivitas akademika sehingga besar harapan kepada para kaprodi agar dapat turut mensosialisasikan e-resources yang telah dilanggan.

Selanjutnya yaitu sambutan Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. Rektor UINSA menyampaikan bahwa dengan berkolaborasi maka hal ini bisa meningkatkan indeks publikasi di UINSA

“Kemuliaan perguruan tinggi tidak dihitung oleh berapa banyak mobil yang terparkir. Bukan juga berapa lantai gedung yang ada tetapi lebih pada seberapa tinggi publikasi hasil riset yang dihasilkan. Maka saya yakin Perpustakaan akan mampu meningkatkan indeks publikasi yang ada di UINSA melalui kolaborasi dengan berbagai pihak.” Ujar rektor UINSA

Pada sesi pemateri yang pertama yaitu Bersama dengan Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd. yang membahas terkait AI dan Peningkatan Mutu Karya Ilmiah. Pada sesi ini Pak Henry mempraktikkan langsung beberapa aplikasi dan website yang dapat mempermudah kebutuhan akademik. Dengan perkembangan teknologi AI, tentunya sebagai akademisi harus senantiasa meningkatkan pengetahuan terkait teknologi informasi sehingga dapat memanfaatkan AI semaksimal mungkin.

Melengkapi apa yang disampaikan oleh Pak Henry, pustakawan UINSA yaitu Hary Supriyatno, S.Ag., M.Pd dan Amira Oribia Wanda Sasmita, S.IIP. turut memaparkan terkait strategi pemanfaatan e-resources, management reference, Systematic Literatur Review (SLR) dan analisis bibliometric. Dengan dipaparkannya ketiga materi ini diharapkan hal ini dapat membuat para akademisi di UINSA, khususnya yang hadir pada kegiatan ini mampu memanfaatkan AI sesuai dengan kebutuhan dan memberikan akses agar dapat meningkatkan karya ilmiah di lingkup UINSA (Dep)