Berita

PERKUAT FOKUS PEMBAHASAN, PANITIA SIAPKAN LIMA RUANGAN PANEL DISKUSI

UINSA Newsroom, Rabu (15/06/2023); Pada hari ke-2 acara Rembuk Nasional Perencanaan PTKIN Se-Indonesia, Panitia membagi ruang panel diskusi menjadi 5 ruangan. Hal ini guna memfokuskan bahasan agar diskusi yang disampaikan lebih efisien dan mudah diterima para peserta.

Ketua Forum Perencanaan PTKIN Se-Indonesia, Suhaimi, S.Ag, M.Pd., mengatakan bahwa materi yang disampaikan pada tiap ruang panel itu sama. “Hanya kami ingin memfokuskan diskusi agar materi yang disampaikan bisa diterima,” ujar Suhaimi ditemui usai kegiatan panel pada Rabu,15 Juni 2023.

Dengan adanya pembagian ruang panel tersebut, diskusi yang dihasilkan sangat berkembang dan memunculkan isu-isu terbaru di luar dari yang telah dirumuskan. “Bahkan dari 15 isu yang coba kita ramu di tim, ternyata ada beberapa usulan-usulan dan isu-isu terbaru yang itu di luar dari yang kami rumuskan” jelas Suhaimi.

Terkait upaya mitigasi permasalahan kedepan, Ketua Forum Perencanaan PTKIN menjelaskan, bahwa terdapat isu yang sangat penting untuk dibicarakan. Pertama, perubahan SBM (Standart Biaya Masukan) tahun 2024. “Karena SBM 2024 ini banyak perubahan-perubahan yang nanti di tahun 2024 sudah tidak ada lagi seperti honor keuangan yang dulu dibayar 100 persen, sekarang diluar operasional keuangan jadi 60 persen,” terang Suhaimi.

Adapun hasil yang diharapkan dari sesi panel, agar para peserta dapat mengikuti perkembangan regulasi. Juga agar hasil diskusi dapat diserap dengan baik agar pada proses penyusunan penganggaran 2024 semakin baik. “Kualitas penyusun penganggaran 2024 itu sangat ditentukan dari pemahaman kita hari ini,” imbuh Suhaimi.

Selain itu, melalui forum Rembuk Nasional Perencanaan PTKIN, juga diharapkan akan dapat memunculkan kajian tentang intervensi kebijakan dalam upaya peningkatan kapasitas dan kompetensi perencanaan. “Sangat penting ada intervensi kebijakan. Pada kondisi tertentu kita nggak bisa mengupgrade diri kalau kemudian tidak ada instruksi dari atasan. Nah, kebijakan-kebijakan dari atasan itu penting,” tukas Suhaimi.

Kegiatan, ‘Rembuk Nasional Perencanaan PTKIN Se-Indonesia Tahun 2023,’ yang digelar pada 13-16 Juni 2023 ini mengusung tema, “Penguatan Regulasi Perencanaan dan Penganggaran Dalam Rangka Penyusunan Program Pendidikan Tinggi pada PTKIN yang SMART.” Kegiatan di gelar Ballroom Hotel Platinum Surabaya. UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya terpilih menjadi tuan rumah kegiatan yang sudah digelar sejak 2017 ini. (All/Humas)