PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER: Mengembangkan Kepribadian Utama Entitas Individualiteit Perspektif Pendidikan Holistik Dan Merdeka Belajar
Penulis : Dr. Arbaiyah Yusuf, MA
Editor : Dr. Moh. Tajab, MA, Anis Shofatun, S.Si., M.Pd., Hotimah Novitasari, M.Ag
Design Cover : Rio Ramadhan, S.Sos
Layouter :Hotimah Novitasari, M.Ag
Ukuran : 14,8 X 21 cm
Hlm : vii + 135 Halaman
ISBN : Proses
Kategori : Pendidikan Karakter
Penerbit : The UINSA Press
Link Download : Klik disini
Buku ini ditulis dilatarbelakangi pendidikan karakteradalah sebuah keniscayaan kapanpun dan dimanapun. Mulai tahun 2016 Indonesia menetapkan bahwa core pendidikannya adalah pendidikan karakter. Dua hal yang digali dalam penulisan ini yaitu pertama bagaimana strategi penguatan pendidikan karakter mengembangkan kepribadian utama entitas individualiteit perspektif pendidikan holistik. Kedua bagaimana strategi penguatan pendidikan holistik mengembangkan kepribadian utama entitas individualiteit perspektif merdeka belajar. Buku ini memberikan gambaran bahwa kepribadian utama entitas individualiteit perspektif pendidikan holistik terdiridari potensi spirituality, intellectuality, emotional, physic, dan aestetics. Sedangkan perspektif merdeka belajar terdiri dari beriman bertaqwa berakhlak mulia, berintegritas, gotong royong kreatif, dan mandiri. Penguatan pendidikan karakter mengarahkan pendidikan menghasilkan pribadi utama berkarkater 5 nilai utama yaitu religiousitas, nasionalisme, integritas, mandiridan gotong royong.Terdapat kedekatan antara penguatan pendidikan karakter dan merdeka belajar. Strategi yang digunakan dan penguatan pendidikan karakter ini adalah berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis partisipasi masyarakat.