Berita

Di tengah gemerlapnya dunia akademik, terdapat sosok mahasiswa inspiratif yang berhasil menorehkan jejak gemilang dengan segala prestasinya. Muhammad Tanwirul Huda, adalah salah satu sosok mahasiswa berprestasi yang mampu menginspirasi banyak orang dengan pencapaiannya di bidang akademik maupun non-akademik.

Muhammad Tanwirul Huda atau akrab dipanggil Huda, adalah mahasiswa semester 6 Program Studi Pemikiran Politik Islam, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UINSA. Sejak awal masuk kuliah, ia telah menunjukkan potensi yang luar biasa dalam berbagai bidang. Huda tidak hanya berhasil meraih prestasi akademik yang gemilang, namun juga aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan dan sosial.

Prestasi akademik Tanwirul Huda bisa dikatakan cukup mengagumkan. Dengan ketekunan dan kegigihan yang dimilikinya, dia berhasil meraih berbagai penghargaan akademik, termasuk menjadi mahasiswa berprestasi tingkat fakultas, bahkan prestasinya sampai ranah luar universitas.

Huda merupakan salah satu mahasiswa yang memiliki hobi dan skill dalam bidang kepenulisan, desain grafis dan editor. Di ranah kepenulisan Ia kerap kali menuliskan buah pemikirannya di berbagai media mulai di website, majalah hingga buku. Beberapa contoh karya yang telah ditulis adalah:

  1. Tiga Pandangan Mengenai Agama dan Politik – Artikel Populer 2023
  2. Melihat Pemekaran Wilayah Papua dari Kacamata Struturasi Anthony Giddens – Artikel Populer 2023
  3. Membaca Khittah Denpasar, Melahirkan Kesadaran Politik Kader – Opini Majalah 2023
  4. Sukaptinah: Perempuan dalam Pusaran Politik – Opini Majalah 2023
  5. Merawat Politik Kebangsaan Muhammadiyah – Opini Majalah 2024
  6. Kebebasan Berpendapat dan Matinya Kepakaran – Buku 2024

Pelatihan desain flayer dan editing video. (Sumber: dokumen pribadi)

Berkat hobi dan bakat yang dimiliki oleh Huda, ia pun turut serta mendedikasikan dirinya ke dalam beberapa lembaga dan juga komunitas mahasiswa yang fokus di ranah kepenulisan. Adapun lembaga dan komunitas yang pernah ia tekuni adalah:

  1. Media Center Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (staff) – Surabaya, Indonesia Maret 2023
  2. Majalah Liberasi (kru redaksi)- Surabaya, Indonesia Sepember 2023

Namun prestasi Huda tidak hanya terbatas pada ranah akademik. Dia juga aktif dalam menghidupi berbagai organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi intra, Huda terlibat dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Prodi Pemikiran Politik Islam pada Devisi Intelektual dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, di organisasi ektra ia menjadi ketua bidang Hikmah Politik dan Kebijakan Publik, ketua bidang Organisasi dan Keanggotaan di ormas pemuda Islam hingga Ketua Umum di Organisasi pelajar di kampung halamannya.

Dalam wawancara melalui pesan suara, ia menuturkan prinsip penting dalam hidupnya. “Sebagai mahasiswa, kita tidak akan lepas dari ilmu pengetahuan. Sebagai umat Islam, kita diharuskan untuk mengamalkan ilmu yang kita dapatkan. Maka, sebaik-baik ilmu yang kita miliki sebaiknya kita amalkan. Begitupun sebaik-baik amal, haruslah diamalkan berdasarkan ilmu yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Prestasi mahasiswa ini tidak berhenti disitu saja, di saat kampus sedang menyemarakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Huda pun turut mengikuti program tersebut. Dimana dalam program MBKM ini, Fakultasnya bekerja sama dengan 100 mitra di dalam maupun luar negeri. Dari beberapa mitra tersebut, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) adalah salah satunya.

Dalam program MBKM tersebut Muhammad Tanwirul Huda menjadi salah satu mahasiswa dari 402 mahasiswa Ushuluddin dan Filsafat yang mengikuti praktik MBKM skema Magang. Dalam program tersebut Huda sempat mengajukan permohonan magang di kantor Sekretariat DPRD Lamongan. Ia pun diterima di instansi pemerintahan tersebut, namun selang 2 minggu setelah kabar penerimaan, Huda mendapatkan pengumuman yang mengejutkan. Ia diterima sebagai mahasiswa yang mengikuti program MBKM skema student exchange di university kebangsaan Malaysia (UKM).

Program MBKM, magang di kantor Sekretariat DPRD Lamongan. (Sumber: dokumen pribadi)

Dengan munculnya pengumuman tersebut, Huda pun memilih mengikuti student exchange di Universiti Kebangsaan Malaysia dan tidak memilih untuk mengundurkan diri dari skema magang MBKM-nya. Dari pernyataan Huda, program Student Exchange ini rencananya akan dilaksanan pada bulan Maret mendatang.

Mahasiswa lulus seleksi MBKM sekema student exchange di UKM. (Sumber: dokumen istimewa)

“Semua pencapaian ini tidak akan lepas dari dukungan dan kerja keras dari orang-orang di lingkungan sekitarnya, rekan satu organisasi, keluarga dan bahkan dosen-dosen pembimbingnya. Mereka semua banyak memberikan motivasi dan dukungan yang tak kenal lelah, sehingga saya mampu mencapai titik ini” ujarnya.

Sebagai mahasiswa berprestasi, Tanwirul Huda turut menjadi inspirasi bagi banyak orang, baik sesama mahasiswa maupun masyarakat umum. Dia membuktikan bahwa dengan kerja keras, ketekunan, dan dedikasinya, siapa pun dapat meraih prestasi yang gemilang dalam berbagai bidang. Semangat dan dedikasi Huda juga mengajarkan kita akan pentingnya untuk terus berusaha dan tidak pernah menyerah dalam meraih impian dan cita-cita.

Dengan segala prestasinya, Muhammad Tanwirul Huda telah menorehkan jejak gemilang yang akan terus diingat dan diinspirasi oleh banyak orang. Semoga prestasi dan dedikasinya dapat menjadi contoh dan motivasi bagi generasi muda lainnya untuk terus berprestasi dan berkarya di berbagai bidang. (Sulthan Rake Anjaz – Mahasiswa Fakutas Ushuluddin dan Filsafat)