Berita

MEDIA CENTER FUF MENYONGSONG ERA BARU DENGAN EVALUASI KINERJA DAN INOVASI DIGITAL

Kamis, 22 Agustus 2024, Media Center FUF menggelar rapat koordinasi dan acara pelepasan serta penyambutan anggota tim Media Center lama dan baru. Keanggotaan tim Media Center lama terdiri dari 25 mahasiswa, sedangkan tim Media Center baru terdiri dari 28 mahasiswa dengan 4 formasi, yakni divisi fotografer/design grafis, divisi videografer/editor video, penulis artikel website dan podcast.

Acara ini dihadiri oleh anggota tim Media Center FUF, dosen pembina, dekan dan Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin dan Filsafat yang berlangsung di ruang laboratorium, gedung B1. Acara ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara tim internal serta mengevaluasi kinerja semester lalu, perencanaan strategi mendatang. Para dosen pembimbing juga memperkenalkan beberapa inisiatif inovatif yang diharapkan dapat meningkatkan visibilitas dan dampak Media Center di masa depan.

Dalam sambutan dekan FUF, dibentuknya Media Center ini bertujuan sebagai sarana edukasi baik bagi tim maupun bagi yang melihat, membaca atau menonton. “Saya kira Anda semua beruntung bergabung dalam tim yang memiliki niat yang sangat baik dan juga bermaksud untuk mendidik, melatih bukan hanya skill, tapi juga melatih kepekaan. Hal itu sangat penting sekali, karena sebagai mahasiswa kepekaan nyaris punah dicekoki oleh media sosial,” ucap Prof. Abdul Kadir Riyadi, Ph.D. selaku Dekan FUF.

Antusiasme tim Media Center FUF saat rapat koordninasi. (Sumber: Dokumentasi Tim Media Center FUF)

Adapun motivasi dan inspirasi yang disampaikan oleh Dr. Andi Suwarko, S.Ag, M.Si selaku Wakil Dekan III mengenai urgensi fungsi Media Center FUF, antara lain:

  1. Fungsi informatif, mendistribusikan informasi ke publik sekaligus menjadi gerbang informasi mana yang kemudian perlu di-posting dan tidak perlu. Dikarenakan, orientasi Media Center terletak pada idealisme, pembangunan presepsi dan opini yang konstruktif terkait dengan keberadaan prodi, fakultas dan universitas. Tentunya informasi yang diposting dan dipublikasikan adalah informasi yang memiliki makna berkorelasi dengan pembangunan image atau citra lembaga menjadi jauh lebih baik.
  2. Fungsi edukatif, media masa online yang dikelola oleh Media Center berfokus pada aspek edukasi yang mendidik. Misalnya, membuat serial melalui TikTok, reels Instagram atau YouTube mengenai etika berkomunikasi yang sifatnya edukatif dan religius. Hal ini didasari karena FUF mempelajari ilmu dasar keagamaan, bukan hanya sekedar ilmu pengetahuan tapi juga berkewajiban untuk mempraktikan, sehingga apa yang sudah dipelajari memiliki value.
  3. Fungsi entertaiment, selain sebagai bentuk mengedukasi, sebaiknya disisipi aspek yang menghibur, menyegarkan, membahagiakan dan menyenangkan agar tidak monoton. 
  4. Fungsi kontrol, hal ini supaya tidak terjadi kekeliruan yang tidak berulang.

Andi Suwarko  juga berharap keterlibatan semua anggota tim Media Center FUF dapat dioptimalkan agar potensi dan kapasitas yang mahasiswa miliki berkembang. Selain itu, Media Center merupakan media yang multifungsi, jika dikelola dengan benar maka akan sangat konstruktif dan menghasilkan banyak manfaat.

Sementara itu, Khalimatu Nisa, M.A. selaku ketua media center FUF mengapresiasi kinerja dari anggota Media Center periode semester genap 2023/2024 yang tekun dan bekerja keras sehingga media center FUF lebih dikenal dan eksis. Hal ini juga merupakan implikasi dari adanya Media Center, karena FUF mulai terpromosikan. Khalimatu Nisa juga berharap agar kedepannya semua anggota tim, baik baru dan lama agar lebih baik dari kinerja sebelumnya.

Dengan adanya rapat koordinasi yang produktif, harapan akan tim Media Center FUF menunjukkan komitmennya untuk terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan zaman, sambil tetap menjaga semangat kekeluargaan di antara anggotanya. Dengan langkah-langkah ini, Media Center FUF siap menyongsong tantangan dan peluang baru dengan optimisme dan semangat yang tinggi.

Penulis: Mumtaza Nur Annisa
Editor: Khalimatu Nisa