Berita

Senin, 8 Juli 2024, Prodi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Penelitian dan Penulisan Sejarah Desa. Acara tersebut dihelat di Gedung FAH Kampus Gunung Anyar UINSA. Kegiatan ini bertujuan membekali peserta dengan pengetahuan, keterampilan, serta wawasan seputar sejarah desa. 

Bimtek kali ini diikuti 45 mahasiswa yang lolos seleksi dan menyatakan kesediaan mengikuti sejarah penuh kegiatan dari awal hingga selesai. Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu (1) Dr. Wisnu, M.Hum., sejarawan UNESA; (2) M. Nginwanun Likullil Mahamid, M.Hum., sejarawan UINSA; dan (3) Lailul Mursyidah, M.AP., peneliti pembangunan desa. Para akademisi dan praktisi yang menguasai seluk-beluk desa.

Selain penguatan kompetensi mahasiswa yang selaras dengan profil lulusan prodi, yaitu menyiapkan mereka menjadi peneliti sejarah, penulis sejarah, dokumentalis sejarah, komunikator sejarah, dan historiopreneur, kegiatan ini sekaligus merupakan penguatan kerjasama yang terjalin antara anggota asosiasi yang tergabung dalam PPSI (Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia).