Berita
(foto bersama dengan siswa kelas XI jurusan broadcasting)

FDK UINSA NEWSROOM – Jum’at (22/05) Mahasiswa Angkatan 2022 Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan kegiatan pelatihan tentang podcast speaker dengan judul “How to be a Good Podcast Speaker”, bertempat di SMK Negeri 1 Surabaya yang dihadiri 70 siswa dari kelas XI jurusan Broadcasting.

Acara diawali dengan beberapa sambutan oleh Ketua Pelaksana, pihak sekolah dan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Andhini Tasya Maulita, salah satu podcast speaker di Spotify. Dalam kegiatan ini, para peserta mendapatkan materi mengenai pengertian dan bentuk-bentuk podcast,  kiat-kiat menjadi seorang podcast speaker yang baik, serta hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang podcast speaker. Waktu penyampaian materi diselingi dengan quiz time berhadiah mengenai materi apa yang sudah dijelaskan, yang bertujuan untuk membuat peserta fokus pada materi yang disampaikan. Dengan adanya quiz time juga membantu meningkatkan antusiasme para peserta untuk menyimak dan mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh.

(Kuis bersama salah satu peserta pelatihan)

Menurut Daffa selaku ketua penyelenggara mengatakan; alasan diangkatnya topik how to be a good podcast speaker sebagai materi seminar training ini karena selaras dengan audience yang merupakan siswa jurusan broadcasting yang pada akhirnya berkecimpung di dunia broadcast, salah satunya media penyiaran radio yang sekarang sudah direkonstruksi menjadi sebuah Podcast. Selain itu dengan adanya Podcast, ini bisa jadi sebuah wadah untuk siapapun berkarya. Tidak peduli tua atau muda, masih sekolah atau sudah bekerja, semuanya bisa berkarya tanpa terkecuali.

Pelatihan ini memberikan kesempatan praktik bagi peserta untuk menjadi pembicara podcast. Semua peserta diberi waktu 10 menit untuk membuat empat atau lima kalimat tentang topik podcast apa yang diambil, serta membuat perkenalan akun podcast masing-masing, dan maju ke depan untuk praktik secara langsung. Dalam praktik ini, para peserta dipilih tiga terbaik dan mendapat hadiah dari panitia pelaksana.

(Praktik bersama membuat naskah podcast)

“Cukup terkesan karena banyak dari para peserta sangat antusias dalam praktik langsung kali ini, meski beberapa dari mereka terlihat kesusahan. Namun, dengan beberapa bantuan mereka kembali menemukan jalan dan turut mempersiapkan naskah terbaik milik mereka.” Ujar Tasya selaku pemateri.

Peserta dalam kegiatan ini sangat antusias dan aktif bertanya saat pelatihan berlangsung, bahkan tidak jarang mereka juga melemparkan gurauan kepada pemateri dan juga panitia. Sehingga acara seminar yang telah dilaksanakan dapat dikatakan sukses dan interaktif.

“Saya sangat senang karena benar-benar diluar ekspektasi kita, dimana para peserta mengikuti keseluruhan acara dengan sangat excited” ungkap Daffa Zineddin selaku Ketua Pelaksana seminar dan pelatihan How to be a Good Podcast Speaker saat ditanya tentang kesan saat melihat audience yang interaktif.  “Ditambah antusias mereka yang luar biasa saat sesi tanya jawab dan sesi praktek yang akhirnya membuat kita sebagai pemateri merasa diperhatikan dan didengarkan selama kegiatan berlangsung” tambah Daffa saat wawancara.

Sementara itu, Prof Dr. H. Ali Nurdin,S.Ag. M.Si selaku Dosen Pembimbing mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi siswa yang memang sedang belajar broadcast. Kegiatan ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi siswa dalam pengembangan minat dan bakat dibidang Podcast. Mahasiswa hadir dengan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki untuk melakukan transformasi skill  dan knowledge pada siswa dengan interaktif. Tentu kegiatan semacam ini harus ada keberlanjutan agar ada saling sapa antara perguruan tinggi dengan masyarakat, ujarnya.

(Andhini Tasya M, Daffa Zinedin H.P, Alvida Meylia Aristanty, Alisia Rizky Sayyidah)