Berita

Mahasiswa FUF UINSA Bersinar di Kancah Internasional: Bawa Pulang 2 Golden Gold  dari Surabaya World Choir Festival

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Kali ini, kegembiraan datang dari tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UINSA yang berhasil meraih dua medali emas dalam ajang Surabaya World Choir Festival yang diselenggarakan di Balai Pemuda Surabaya dalam kurun waktu empat hari, tepatnya mulai 24-27 September 2024. Festival ini diikuti oleh para peserta dari berbagai negara di Asia di antaranya Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Korea Selatan. 

Penampilan memukau tim PSM UINSA dalam ajang Surabaya World Choir Festival . (Sumber: dokumentasi tim PSM)

Dalam kompetisi bergengsi tingkat internasional tersebut, tim PSM UINSA atas bimbingan Amin Lubis S.Ag, M.HI, berhasil memukau para juri dan penonton dengan penampilan yang luar biasa. Harmonisasi suara yang indah, teknik vokal yang mumpuni, serta aransemen musik yang kreatif berhasil membawa mereka meraih puncak kesuksesan dalam dua kategori sekaligus, yakni Mix Choir dan Folksong. 

Kesuksesan ini tentunya mengundang rasa haru dan bangga bagi para peserta. Seperti yang disampaikan oleh Muhammad Taruna Kusuma Hakim dan Muhammad Marwan, dua peserta PSM UINSA yang berasal dari Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF). “Sangat senang sekali karena bisa ikut andil dalam event internasional”, ucap Marwan. “Ya tentu saja sangat senang, terharu, dan bangga dengan perjuangan kami, dengan proses latihan selama 3 bulan dan banyak sekali masalah yang berdatangan tetapi dapat kami selesaikan bareng”, tutur Taruna saat diwawancarai via WA.

Selain dua mahasiswa FUF diatas, juga terdapat mahasiswa FUF lainnnya yang turut berpartisipasi dalam ajang ini. Mereka adalah Martha Josephine Lembong dari Prodi Studi Agama-Agama (SAA), Kiki Amelia dari Prodi Ilmu Hadis (ILHA), Ahmad Syafi’Ullah Mu’ammar dan Achmad Maulana Nur Avandi dari Prodi Akidah dan Filsafat Islam (AFI). 

Partisipasi keenam mahasiswa FUF di atas menjadi bukti bahwa mahasiswa FUF tidak hanya unggul dalam bidang akademik, namun juga memiliki bakat luar biasa di bidang seni yang suskses mengharumkan nama UINSA di kancah internasional.

Foto kemenangan tim PSM UINSA bersama Amin Lubis S.Ag, M.HI selaku pembina. (Sumber: dokumentasi tim PSM) 

Prestasi gemilang ini tentu tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk pimpinan UINSA, dosen pembimbing, serta seluruh civitas akademika UINSA. Kemenangan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa UINSA lainnya, khususnya mahasiswa FUF untuk terus berkarya dan meraih prestasi terbaik. Sebagai penutup, ada satu quote dari salah satu  mahasiswa IAT, Muhammad Marwan, “Jangan ragu untuk bersuara.”

Penulis: Nadya Saadah
Editor: Khalimatu Nisa