Berita

LANTIK PENGURUS DEWAN RACANA, PEMBINA PRAMUKA UINSA AJAK ANGGOTA SELALU BAHAGIA

UINSA Newsroom, Rabu (01/03/2023):  Pembina Pramuka, Dr. H. Jainudin, M.Si., melantik 20 Anggota Pramuka sebagai Dewan Racana Sunan Ampel dan Nyai Karima Gugus depan 31-057/31-058 pangkalan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Pelantikan Dewan Racana Sunan Ampel dan Nyai Karina berlangsung di Gedung Auditorium UINSA pada Rabu, 01 Maret 2023. Drs. Ruhayati, M.M., perwakilan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menjadi saksi dalam pelantikan hari ini.

Puncak upacara pelantikan ditandai dengan para Anggota Pramuka yang dilantik mengucap Tri Satya dibawah Bendera Merah Putih dan Bendera Pramuka. Setelah mengucap sumpah janji para anggota Dewan Racana pun menandatangani Surat Keputusan Kepengurusan. Dalam hal ini Dr. H. Jainudin, M.Si., dan Nur Hayati S.I.Kom., turut menandatangani SK sebagai Pembina Pramuka.

Dr. Jainudin dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Anggota Pramuka yang dilantik. Dalam kesempatan ini, Dr. Jainudin juga memberi pengarahan, bahwa Anggota Pramuka harus berkegiatan yang memiliki manfaat di masyarakat.

Dalam melakukan kegiatan Pramuka, Dr. Jainudin mengajak para anggota untuk menerapkan motto pramuka ‘Disini senang, disana senang.’ “Jangan hanya dijadikan motto, tapi kudu dilakoni,” tekannya.

Lebih lanjut, Dr Jainudin menerangkan, bahwa menjadi Anggota Pramuka memiliki nilai lebih daripada kegiatan lainnya. Anggota Pramuka sudah berlatih untuk survive dan bisa mengabdi di tengah-tengah masyarakat.

Setiap kegiatan yang dilakukan tidak hanya sejalan dengan masyarakat namun juga alam. “Kegiatan yang dijalankan jangan sampai merusak alam. Karena, alam juga akan sedih. Jangan dikira kalau kita merusak alam, alam tidak sedih,” lanjutnya.

Dr. Jainudin berharap, dengan adanya pelantikan ini tidak hanya mengisi waktu luang mahasiswa untuk berkegiatan. Namun, bisa mengembangkan soft skill lainnya untuk hidup bermayarakat.

“Ada Anggota Pramuka yang dulu berjualan dalam mengembangkan kegiatan Kepramukaan, setelah lulus dia menyewakan tenda dan Perlengkapan Pramuka lainnya. Makanya jangan berhenti berkegiatan Pramuka. Karena dengan Pramuka kita terlatih untuk hidup bermasyarakat,” tuturnya.

Kegiatan pun ditutup dengan ramah tamah bersama antara Pembina dan Anggota Pramuka terpilih maupun demisioner. Adapun peserta yang dilantik hari ini yaitu: Yusya Giri Pangestu sebagai Ketua Pemangku Adat, Ahmad Musrif Yusril Fahmi sebagai Ketua Dewan Racana Putra, Dwi Andini Nurul Hamidah sebagai Ketua Dewan Racana Putri, Tutut Dwi Setyorini sebagai Koordinator Mountainering Adventure, Rizqina Zami Kautsarani sebagai Koordinator Kewirausahaan, Penelitian dan Evaluasi. (Irma/Magang22)