Berita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel berkolaborasi bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga beserta PT Pegadaian untuk menggelar seminar kewirausahaan pemuda dengan tema “Meramu Ide dalam Sociopreneurship untuk Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi” yang dilaksanakan secara hybrid di Kampus A. Yani gedung Lt. 9 Twin Tower UIN Sunan Ampel Surabaya, Rabu (5/10/2022).

Seminar yang dihadiri oleh Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. Sirajul Arifin, S. Ag., S.S., M.E.I., dan Plt. Asdep Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI, Drs. Imam Gunawan, MAP., secara langsung dibuka oleh bapak Bemby Baim Yasyam dari PT. Pegadaian. Dalam penjelasan singkatnya, bapak Bemby sapaan akrabnya menekankan kepada para mahasiswa bahwa berwirausaha itu sangat penting dilakukan oleh para mahasiswa. “Mumpung kalian belum lulus dan masih ada Dosen, habiskan waktu luang teman-teman dengan berwirausaha”, ungkap bapak Bemby.

Kemudian dalam sambutannya Dr. Sirajul Arifin, M.E.I berharap untuk kedepannya dapat terus melakukan kerja sama dengan Kemenpora untuk menguatkan ekonomi masyarakat. “Saya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga karena telah bekerja sama dengan UIN Sunan Ampel Surabaya, sehingga dapat terlaksana kuliah kewirausahaan pagi ini”. Ujar Dr. Sirajul Arifin, M.E.I

Pada sambutan berikutnya, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., memberikan motivasi kepada peserta tentang bagaimana pentingnya membangkitkan spirit of entrepreneurship. “Saya berharap bahwa setelah adanya kegiatan perkuliahan kewirausahaan ini akan lahir entrepreneur sejati”, ucap Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag.

Selain itu, Drs. Imam Gunawan, MAP menambahkan bahwa seorang entrepreneurship harus memiliki sikap leadership yang kuat. “Saya yakin bahwa setiap orang memiliki sifat leadership dan perlu untuk mengasahnya, maka melalui kuliah kewirausahaan ini nanti akan belajar Bersama tentang leadership yang akan menjadi landasan dalam berwirausaha”, ungkap Drs. Imam Gunawan, MAP.

Setelah seremonial pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan seminar kewirausahaan pemuda dengan 3 narasumber PT. Pegadaian Regional Office Surabaya, Indonesia Digital Start Up Founder SDSF, dan Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Pengusaha Santri Indonesia. [nnj]