Berita

HAB-78; REKTOR: MARI KITA JAGA INDONESIA RUMAH KITA

UINSA Newsroom, Kamis (04/01/2024); Rabu, 3 Januari 2024, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar Apel Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI ke-78 Tahun 2024. Upacara digelar di depan Gedung Twin Towers UINSA Kampus A. Yani Surabaya. Dipimpin Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si.

Dalam Upacara HAB ke-78 ini, Pembina Upacara membacakan sambutan Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas. Dalam sambutan tertulis, Menag RI menyampaikan bahwa setiap memasuki tahun baru, Pegawai Kementerian Agama harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama.

“Pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama,” ajak Menag RI.

Menag RI menegaskan, Kementerian Agama memiliki tugas berat. Diantaranya menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. Serta membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama.

Tema, ‘Indonesia Hebat Bersama Umat’ dimaknai Menag RI sebagai upaya membersamai umat menuju Indonesia yang hebat. “Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama,” tegas Menag RI.

Tak lupa, Menag RI juga mengingatkan kepada segenap ASN Kementerian Agama agar menjaga netralitas di tahun politik. Agenda politik, menurut Menag RI, adalah satu hal yang lumrah dan merupakan agenda kita semua sebagai warga negara. “Dalam kesempatan ini, saya mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar. Bagi ASN Kementerian Agama, jagalah netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan,” pesan Menag RI.

Dalam kesempatan ini, Rektor secara simbolis juga menyerahkan Penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada segenap pegawai dengan masa bakti tertentu. Rektor menuturkan, bahwa diksi Indonesia dan Umat dalam tema HAB ke-78 menunjukkan dedikasi Kementerian Agama dalam upaya pelayanan bagi umat.

“Maka kalau Indonesia hebat, umat hebat. Maka semua warga bangsa menjadi bagian dari kemuliaan. Mari kita jaga Indonesia. Indonesia, rumah kita. Indonesia hebat, bersama umat Kementerian Agama adalah pionir yang ada di depan untuk menjaga desa hebat bersama umat,” tukas Rektor, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D.

Usai apel, para peserta apel yang terdiri dari unsur pimpinan Fakultas, Pascasarjana, Lembaga, Unit, serta Tim Manajemen berkumpul di Gedung KH. Syaifuddin Zuhri Sport Center and Multipurpose. Dalam rangka menjaga spirit, serta bentuk apresiasi atas kinerja maksimal yang telah dilakukan selama 2023. UINSA secara khusus menggelar kegiatan ‘Penganugerahan Penghargaan The UINSA Award Tahun 2024.’ Selain pemberian penghargaan, beberapa doorprize dari Bank Mitra juga dibagikan kepada segenap pegawai dan atau dosen yang hadir dan mampu menjawab pertanyaan dari Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro, serta Dekan di Lingkungan UINSA Surabaya. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Desain Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rian