Berita

DWP UINSA MAKNAI IDUL ADHA DENGAN SELF COMPASSION

UINSA Newsroom, Jumat (23/06/2023): Dalam rangka memaknai Idul Adha 1444 H, Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar acara seminar. Acara digelar di Ruang Rapat Lantai 9 Gedung Tower Teungku Ismail Yaqub pada Hari Jumat, 23 Juni 2023. Mengusung tema “Self Compaassion for Better Life: Happy Mom, Healthy Family” dengan narasumberHerliyana Isnaeni, M.Psi.

Acara juga dihadiri Pembina DWP UINSA Surabaya, Prof. Dr. Wiwik Setiyani., M.Ag., dan Ketua DWP UINSA, Ny. Erna Mawati. Dalam sambutannya, Ketua DWP UINSA menyatakan bahwa Idul Adha bukan hanya momen bahagia tapi juga momen berbagi kebahagiaan. “Tema yang kita usung ini sangat bermakna ya ibu-ibu. Apabila bunda bahagia maka keluarga akan bahagia dan sehat. Mari kita berbahagia bukan untuk diri kita saja tapi untuk keluarga,” ujar Ny. Erna Mawati.

Self Compassion adalah teknis menerima diri sendiri dalam keadaan apapun. Menurut Herliyana sebagai Psikolog dan narasumber, apapun bentuk emosi yang dirasakan dan diungkapkan adalah hal yang wajar. “Kalau ibu-ibu terkadang marah, sedih, kecewa itu wajar bu. Tinggal bagaimana kita mengondisikan emosi kita atau mengontrolnya,” tuturnya.

Selain itu, Herliyana juga memberi tips untuk berbagi kebahagiaan yaitu dengan senyum 227. Senyum 227 maksudnya ialah 2 cm ke kanan, 2 cm ke kiri, dan ditahan selama 7 detik. “Kita sebagai wanita sebagai ibu merupakan pilar kebahagiaan di rumah. Apabila kita bahagia maka orang rumah juga akan bahagia,” jelasnya.

Acara ditutup dengan sesi refleksi, dimana Herliyana mengajak anggota DWP UINSA untuk duduk santai, dengan mata terpejam, dan membayangkan kenangan paling positif. Hal ini bertujuan untuk melepaskan sampah emosi yang ada di dalam diri anggota DWP UINSA.

“Ibu-ibu bukan meluangkan waktu untuk merefleksi diri tetapi, harus menyediakan waktu untuk menenangkan diri. Kalau meluangkan itu, hanya menyisihkan sisa waktu. Kalau menyediakan berarti energi dan waktu kita memang untuk menenangkan diri,” ucap Herliyana. (Irm-Sls/Humas)