Berita

DOSEN UINSA TANDATANGANI KONTRAK PENELITIAN 2023

LP2M Report, Kamis, 16 Februari 2023. Para dosen UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menandatangai kontrak penelitian tahun 2023 di Gedung Teungku Ismail Yakub lantai 9 pada Rabu, 15 Februari 2023. Acara dibuka oleh rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. Rektor UINSA berpesan agar para peneliti yang telah mendapatkan bantuan dana penelitian untuk berterimakasih dengan cara memenuhi semua tagihan penelitian. Mohon dibayar lunas dengan hasil riset yang serius. Penuhi output dan outcomenya,” pesan Prof. Akh. Muzakki.

Terkait luaran penelitian dalam bentuk publikasi, rektor UINSA berwejang, “Jangan pernah ada gift authorship. Penulis artikel yang sama sekali tidak berkontribusi. Jangan ada ABK di UINSA. Akademisi Berkebutuhan Khusus terkait penulisan publikasi ilmiah,” pesannya di tengah acara penandatangan kontrak penelitian ini. Prof. Akh. Muzakki juga mensoroti adanya kluster penelitian yang tidak terpenuhi slotnya. Yakni kluster peningkatan kapasitas/pembinaan. Beliau berpesan agar dilakukan intervensi kebijakan oleh LP2M UINSA. Berarti ada problem research skill pada dosen pemula kita. Hal ini perlu ditindaklanjuti.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UINSA, Dr. Achmad Zaini, MA menyampaikan terdapat 9 kluster penelitian pada tahun 2023 ini. “Sembilan kluster tersebut adalah kluster Penelitian Dasar Pengembangan Prodi; Penelitian Dasar Interdisipliner; Penelitian Peningkatan Kapasitas; Penelitian Pengembangan Perguruan Tinggi; Penelitian Terapan Kolaborasi antar Perguruan Tinggi; Penelitian Terapan dan Pengembangan Nasional; Penelitian Terapan Kajian Strategis Nasional; Pengabdian Berbasis Program Studi; Pengembangan/Pendampingan Masyarakat Berbasis Lembaga Keagamaan; dan Penulisan dan Penerbitan Buku Berbasis Riset dan e-book,” jelas Dr. Achmad Zaini, MA.

Berdasarkan SK Rektor UINSA Nomor 180 Tahun 2023 tentang Penerima Program Bantuan Penelitian Berbasis Standar Biaya Keluaran pada UIN Sunan Ampel Surabaya tahun Anggaran 2023 terdapat 36 judul penelitian dasar pengembagan Program Studi; 38 judul penelitian dasar interdisipliner; 32 judul penelitian peningkatan kapasitas/pembinaan; 4 judul penelitian pengembangan perguruan tinggi; 4 judul penelitian terapan kolaborasi antar perguruan tinggi; 7 judul penelitian terapan dan pengembangan nasional; 4 judul penelitian terapan kajian strategis nasional; 9 judul pengabdian berbasis program studi; 5 judul pengembangan/pendampingan masyarakat berbasis lembaga keagamaan; dan 5 judul penulisan dan penerbitan buku berbasis riset dan e-book.

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan, Dr. Chabib Musthofa, M.Si menjelaskan panjang lebar terkait hak dan kewajiban para dosen penerima bantuan penelitian tahun 2023 ini. “Tolong dipenuhi apa yang telah dipersyaratkan dalam proses penelitian. Diisi sitasanya. Dan dipenuhi output dan outcomenya,” pesan singkat Dr. Chabib Musthofa, M.Si. (elha-lp2m)