Berita

AICIS 2023: AKULTURASI BUDAYA SEBAGAI REPRESENTASI INDAHNYA KEBHINNEKAAN

UINSA Newsroom, Selasa (02/05/2023); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menjadi tuan rumah pada Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) yang ke-22 Tahun 2023. AICIS 2023 mengusung tema “Recontextualizing Fiqh for Equal Humanity and Sustainable Peace,” yang bertujuan untuk membahas peran fiqh dalam menciptakan kesetaraan manusia dan perdamaian yang berkelanjutan di seluruh dunia.

Acara ini mendapatkan respon positif dari Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. Gubernur Jatim mengapresiasi terselengaranya AICIS 2023, yang dinilai kaya akan nilai kebudayaan di Jawa Timur, yang dikenal sebagai Bumi Majapahit.

“Bumi Majapahit inilah yang mengenalkan Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa. Oleh karena itu, beragam budaya yang tadi dimunculkan di rangkaian acara ini, saya rasa tidak mudah dicari-cari di berbagai negara lain dan merupakan akulturasi budaya yang sangat indah,” jelas Khofifah.

Gubernur Jatim pun mengungkapkan rasa syukur karena dalam AICIS 2023 ini merupakan wadah pertemuan pikiran, budaya, dan 3 format gagasan substansi dasar yang akan memberikan rekomendasi strategis bagi bangsa Indonesia dan dunia. “Tiga substansi dasar yang meliputi perdamaian, harmoni, dan prosperity ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh Indonesia dan dunia,” imbuh Khofifah.

Gubernur Jatim juga mengapresiasi salah satu rangkaian acara berupa tarian yang mengemas lagu-lagu daerah dan kebudayaan yang ada di Indonesia. “Terima kasih atas semua sajian yang memberikan referensi bagaimana indahnya kebhinnekaan. Maka, saya ingin mengajak ‘Membeli ketan ke Pasar Keputran, Mari bergandengan tangan agar saling menguatkan,” ucap Khofifah dalam pantun.

Di akhir sambutannya, Gubernur Jatim berpesan kepada mahasiswa UINSA dengan sebuah pantun yang mengundang gelak tawa audience yang hadir. “Kalau pergi ke telaga sarangan maka kendaraannya ambil roda empat, Kalau mau cari pasangan jangan sampai salah alamat,” pungkasnya disambut riuh penonton.

Serangkaian opening ceremony AICIS 2023 ini ditutup dengan kemeriahan penampilan Stand Up Comedian, Boris Bokir. Dalam penampilannya, Boris menyampaikan bahwa keberagaman agama bukan halangan untuk saling belajar. “Pelajarilah agama lain sebagai pengetahuan umummu supaya luas pikiranmu, agar nilai toleransimu tinggi, dan kedamaian mengikutimu,” tukas Boris. (All/Humas)