Berita

Magister PAI UIN Sunan Ampel Surabaya- Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya kembali menyelenggarakan ujian proposal tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam. Kali ini, ujian tersebut diikuti oleh M. Rasyid Ridho Al Falaqi dengan judul penelitian “Implementasi Metode Talaqqi Menghafal Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an: Studi Komparatif di SD Adinda Surabaya dan SD Baitu Ilmin Surabaya”, (4/11/24).

Ujian berlangsung di Gedung KH. Mahrus Aly, lantai 3, dengan tim penguji yang terdiri dari Dr. Muhammad Nu’man, M.Ag, Dr. Irfan Tamwifi, M.Ag, Dr. Muhammad Afifudin Dimyathi, MA, dan Dr. Irma Soraya, M.Pd. Ujian ini menjadi bagian penting dalam proses akademik mahasiswa untuk memastikan kualitas serta relevansi penelitian mereka.

Dalam pemaparannya, M. Rasyid Ridho Al Falaqi menjelaskan bahwa metode talaqqi adalah suatu metode tradisional dalam menghafal Al-Qur’an dengan pembelajaran langsung dari guru dan tentunya memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa. Penelitian ini membandingkan efektivitas metode tersebut di dua sekolah dasar, yaitu SD Adinda Surabaya dan SD Baitu Ilmin Surabaya.

Para penguji memberikan berbagai masukan konstruktif terkait metodologi penelitian, relevansi teori, serta aplikasi metode talaqqi dalam konteks pendidikan dasar. Dr. Muhammad Afifudin Dimyathi, MA menekankan pentingnya validasi hasil penelitian untuk memperkuat kesimpulan yang diambil, sementara Dr. Irma Soraya, M.Pd menyoroti aspek komparatif antara kedua sekolah sebagai titik penting dalam analisis data.

Acara ini berlangsung dengan lancar dan penuh antusiasme, menunjukkan komitmen UIN Sunan Ampel Surabaya dalam mendukung penelitian berkualitas yang berkontribusi bagi dunia pendidikan Islam, khususnya dalam pembelajaran Al-Qur’an. Ujian proposal tesis ini diharapkan menjadi langkah awal bagi M. Rasyid Ridho Al Falaqi dalam menyelesaikan penelitiannya dengan baik dan memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan metode pendidikan Al-Qur’an di Indonesia.