Agenda

Gunung Anyar, Surabaya — (02/10/2023) Bak api yang terus membara, meningkatkan akreditasi menjadi ambisi kesumat Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) akhir-akhir ini. Pengayaan Kompetensi bertajuk “Peningkatan Kapasitas Publikasi Mahasiswa” pun dilaksanakan di auditorium FPK pada Senin, 2 Oktober 2023.

Wakil Dekan I FPK, Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si dengan gamblang mengungkapkan bahwa, “Semester 7 wajib melakukan publikasi skripsi.” Harapan besar itu ditunjang dengan digandengnya dua orang narasumber profesional untuk memberikan tips and tricks dalam menyusun naskah berkualitas.

Suhadianto, S.Psi, M.Psi, Psikolog salah satunya, Manajer Jurnal PERSONA itu sangat menyarankan mahasiswa untuk mengenali gaya selingkung jurnal tujuan, meliputi: font, struktur, tabel, penyajian hasil statistik, serta jumlah referensi dan tahun terbitnya. “Sebisa mungkin kenali dulu jurnal yang jadi tujuan adek-adek, setiap jurnal itu punya kebijakan, aturan yang berbeda-beda.” Ungkapnya.

Pengambilan isu yang dampaknya hingga kancah internasional menjadi hal yang penting dalam pemilihan topik. Mengambil contoh penugasan mahasiswa FPK yang telah dipublikasi, pria berbatik hijau itu pun melakukan review untuk dipelajari bersama.

Interaktif dan humoris, itulah gaya yang Muh Barid Nizarudin Wajid bawa untuk menjelaskan IMRAD yang apik dalam suatu naskah. Skripsi yang awalnya berjumlah ratusan lembar dikonversi menjadi 10-15 lembar. Dalam hal ini kelihaian mempersingkat tulisan peneliti jadi faktor yang penting. Narasumber kedua itu kemudian menjelaskan aspek-aspek umum kepenulisan secara mendetail, sebelum acara berdurasi kurang lebih tiga jam ini ditutup pada pukul 11.55 siang.

Writer: Ayda Zaqiyatunnisa

Editor: Muhamad Sangaji