Berita

Sebagai upaya untuk meningkatkan awareness dalam menulis artikel akademik dan public speakingForeign Policy Community Indonesia (FPCI) Chapter UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan Flash Class pada Sabtu, 10 Desember 2022 sebagai bentuk wadah dan terobosan dengan tajuk “Academic Writing and Upgrade Your Presentation to Make it More Out of the View

Kegiatan Flash Class diinisiasikan oleh FPCI Chapter UIN Sunan Ampel Surabaya dan dibuka oleh Executive Director, Chinthia Putri Eriany, yang menyampaikan bahwa dengan hadirnya kegiatan ini mampu memberikan kontribusi lebih dalam meningkatkan awareness dan insight mengenai how to write the great article and being a good public speaker.

Flash Class sendiri merupakan salah satu program kerja dari FPCI Chapter UIN Sunan Ampel dari divisi Foreign Affairs dan Project Management yang bertujuan untuk memberikan wadah baru dalam berdiskusi dan mendapatkan ilmu non-akademik guna  peningkatan keterampilan di luar mata kuliah umum. Di sesi Flash Class kali ini menghadirkan pemateri yang berkapabilitas di bidangnya, dalam hal penulisan akademik disampaikan oleh Nur Luthfi Hidayatullah, S.IP., M.Hub.Int. yang membuka sesi writing dengan mengutip dari Prof. Edward Aspinall “read before you write, penulis perlu tahu apa yang telah ditulis pada topik dan dapat terhubung ke literatur yang relevan…” . Lebih lanjut beliau menyampaikan bagaimana pentingnya mahasiswa untuk mengetahui alasan dalam menulis yang dapat dituangkan melalui abstraksi penulisan dengan argumen yang jelas. 

Selain menyampaikan perihal struktur penulisan, Pak Luthfi selaku dosen Hubungan Internasional juga menyampaikan bagaimana sebuah penulisan yang memiliki potensi publikasi mampu ‘melaporkan’ hasil temuan dengan penyampaian argumen dari penelitian sebelumnya secara lebih unik dengan penyampaian clear research puzzle. Kemudian, guna memperjelas apa yang disampaikan, beliau juga menjabarkan secara detail bagaimana sebuah penulisan, khususnya abstrak secara lebih komprehensif. 

Di sesi writing, FPCI Chapter UIN Sunan Ampel juga turut memberikan kesempatan kepada audiens untuk melakukan review penulisan dengan pembicara melalui bedah artikel. Tujuan adalah untuk memberikan gambaran yang jelas akan kelebihan dan kekurangan dari artikel tersebut. 

Flash Class kali ini tidak hanya menghadirkan sesi penulisan akademik, namun juga mengulas bagaimana kita dapat memaksimalkan kemampuan untuk berbicara di depan umum, khususnya dalam berpresentasi melalui penyampaian yang outstanding. Muhammad Haizul Falah, S.Sos., M.Hub.Int., C.WI., CM.WI selaku pembicara dalam public speaking dan salah satu dosen Hubungan Internasional di UIN Sunan Ampel menyampaikan bahwa untuk memulai dan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum perlu adanya kesadaran akan kelemahan dan kekurangan tiap pribadi masing-masing. Sebagai salah satu Old Grad Researcher dari FPCI Chapter UIN Sunan Ampel, Mas Haizul menyampaikan kutipan dari Warren Buffet bahwa “..melalui komunikasi, kita memiliki kesempatan untuk meningkatkan 50% nilai atau value dari orang lain..”. 

Baik dari kemampuan menulis dan berbicara di depan umum, merupakan skill yang perlu diasah oleh tiap pribadi manapun. Meskipun dua hal tersebut dinilai sangat umum untuk dilakukan, namun perlu adanya peningkatan lebih lanjut yang perlu dilakukan secara berkala agar mampu menunjang kehidupan perkuliahan maupun karier di masa depan. Sehingga harapannya melalui Flash Class yang diselenggarakan oleh FPCI Chapter UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi opsi dalam ketersediaan untuk wadah belajar di luar lingkup universitas (Chinthia Putri Eriany & Nur Mujahadah Khoiriyah).