Berita

Sidoarjo – (26/06/2024) International Conference on Psychology, Mental Health, Religion, and Spirituality (ICOPERS) yang digelar oleh Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) kembali terlaksana untuk kedua kalinya. Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pada penghunjung tahun 2023 dan telah mewadahi banyak ide mahasiswa, dosen, serta tenaga pendidik dalam penelitian lingkup psikologi.

Bertempat di Convention Hall Lantai 5 GreenSA INN Hotel Sidoarjo, acara yang termasuk dalam rangkaian International Conference on Sustainable Health ini dibuka secara langsung oleh Dr. phil. Khoirun Niam selaku Dekan FPK. Sebagai pengantar, beliau menyinggung tentang pentingnya menyadarkan masyarakat terhadap masalah kesehatan mental serta mendesak civitas academica untuk terus mengembangkan penelitian dalam bidang psikologi yang diintegrasikan dengan ilmu-ilmu lain. Dengan mengambil tema, “Religious and Spiritual Approaches to Promoting Positive Mental Health, Safety, and Resilience”, sekali lagi membuktikan bahwa FPK dapat merealisasikan integrasi twin tower yang selalu digaungkan oleh UINSA.

Tak hanya dihadiri oleh jajaran dekanat dan dosen FPK, dalam pelaksanaan ICOPERS kali ini FPK mendatangkan narasumber-narasumber hebat dan berkompeten dalam bidang Psikologi. Salah satu di antaranya adalah Prof. Dr. Mansor Bin Abu Talib, FASc. yang merupakan dosen USCI Malaysia. Dalam speaker session yang dibawakan, beliau banyak mengaitkan kebahagiaan manusia dan keadaan homeostasis dengan kondisi keimanan atau kedekatan seseorang kepada Tuhannya.

Senada dengan dosen asal Malaysia tersebut, narasumber kedua yakni Prof. Dra. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.Med.Sc., Ph.D. dari Universitas Gajah Mada (UGM) juga menyampaikan adanya keterikatan antara spiritualitas dengan kondisi kesehatan mental meskipun menurut ilmu psikologi barat, psikologi dan agama adalah dua hal yang tidak bisa dicampuradukkan.

Dr. Nailatin Fauziyah, S.Psi., M.Si., M.Psi Psikolog menjadi narasumber terakhir. Wanita yang juga merupakan seorang dosen di FPK UINSA tersebut membawakan materi terkait psikologi dengan mengambil perspektif dari para wanita yang mengalami kekerasan dan berbagai upaya preventif serta langkah-langkah pemberdayaan psikologis untuk mereka.

Melalui acara ini, diharapkan para peserta maupun dosen FPK dapat terus mengembangkan penelitian dalam bidang psikologi, serta lebih banyak membangun jejaring internasional yang akan membawa nama FPK UINSA lebih baik ke depannya.

Writer: Septi Nur Azizah

Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi