Berita

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan 2 season Orientasi Jurusan, yakni Tahsinul Lughoh Indoor & Outdoor. Pada tanggal 5 Oktober 2024, simposium PBA yang terselenggara di gedung Student Central Lt.3 menjadi agenda Tahsinul Lughoh Indoor tahun ini, dengan mengusung tema “Mengupas Sejarah dan Analisis Proyeksi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.” Acara ini berisikan seminar yang diisi oleh salah satu alumni PBA, Ahmad Rifki, M.Pd. sebagai pemateri. Beliau menyampaikan mengenai kedisiplinan dalam melaksanakan tanggung jawab yang telah diberikan, serta bagaimana memanfaatkan waktu luang dengan maksimal. Acara ini berlangsung dengan sukses, dengan pemaparan materi yang informatif dan menarik.
Selain pemaparan materi, diadakan pula orientasi Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) dengan maksud agar mahasiswa baru mengenal adanya susunan keorganisasian di PBA serta bagaimana peran masing-masing divisi. Setelah terlaksana sesi pengenalan divisi HMP, lanjut ke sosialisasi program baru HMP, yakni Mazaya yang merupakan program unggulan Divisi Kebahasaan berupa program pengembangan bakat di bidang kebahasaaraban. Program ini merupakan gerakan baru yang diusung oleh HMP PBA dengan tujuan untuk meningkatkan skill kebahasaan para mahasiswa PBA.

Pada tanggal 11-13 Oktober 2024, terlaksana Tahsinul Lughoh Outdoor yang diselenggarakan di Villa Safina, Trawas, Mojokerto. Acara ini termasuk agenda batch ke-2 dari pelaksanaan Orientasi Jurusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, dengan tujuan untuk memperkenalkan lebih dalam kepada mahasiswa baru seputar Prodi Pendidikan Bahasa Arab serta mengajak mahasiswa baru lebih mengenal satu sama lain sebagai keluarga baru yakni keluarga PBA. Kegiatan Tahsinul Lughoh Outdoor kali ini berjalan dengan lancar dimulai dari pemberangkatan hingga pemulangan peserta.
Acara Tahsinul Lughoh 2024 ini dibuka oleh Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Dr. Imam Syafi’i, S.Ag., M.Pd., M.Pd.I. Beliau menyapa para peserta dengan memberi sambutan hangat berupa motivasi untuk para peserta. Beliau menyampaikan, “Mahasiswa PBA harus proaktif, bukan hanya di dalam kelas, tetapi juga mampu membangun sinergi antara satu angkatan dengan angkatan lainnya. Mahasiswa PBA juga harus mampu membaca, yakni membaca dalam arti membaca situasi zaman saat ini atau teknologi. Jangan mudah tergerus oleh teknologi, jangan lupa membaca dan membaca, karena membaca adalah kunci dari kesuksesan.” Dr. Imam Syafi’i juga memaparkan informasi seputar Prodi Pendidikan Bahasa Arab kepada para peserta, yakni terkait kurikulum yang akan ditempuh oleh mahasiswa selama masa perkuliahan. Usai pembukaan, acara berlanjut pada sesi pretest untuk menguji pemahaman para peserta terkait Prodi PBA.

Segenap keluarga besar Prodi PBA memiliki harapan besar kepada mahasiswa baru untuk dapat menjadi generasi yang unggul dan berdaya guna, yang kelak mampu berkiprah kepada masyarakat dan membawa baik nama PBA. Hal ini merupakan bentuk tujuan diadakannya program Tahsinul Lughoh ini, karena dengan orientasi ini mahasiswa baru akan dikenalkan tentang bagaimana Prodi PBA itu, agar mereka mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar di tengah perkembangan zaman. Ade Rizky Hermawan selaku Ketua Umum HMP PBA, menyampaikan target utama yang ingin dicapai melalui program Tahsinul Lughoh 2024. Ujarnya,“Saya berharap pada tahsinul lughoh 2024 ini, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2024 bisa tahu tentang PBA ini secara meluas, bukan tentang dalam perkuliahan ini saja tapi tahu tentang prospek apa yang nantinya akan disuguhkan ketika sudah selesai masa perkuliahan, dan juga saya berharap mahasiswa PBA angkatan 2024 mampu beradaptasi dalam perkembangan zaman yang sangat cepat ini, bersikap proaktif dan punya pikiran yang inovatif untuk menciptakan hal-hal baru.”
Tahsinul Lughoh tahun ini mengusung tema “Aksentuasi Strategi Peningkatan Learning Agility Guna Menciptakan Mahasiswa Yang Adaptif, Proaktif, dan Inovatif” sebagai bentuk harapan bagi mahasiswa baru Prodi PBA. “Dibalik sebuah angkatan yang solid pasti diisi oleh orang atau anggota yang tentunya hebat, namun akan sangat disayangkan apabila kehebatan itu di miliki hanya segelintir orang atau anggota saja yang membuat kesolidaritasan sebuah angakatan ini hanya dimiliki oleh beberapa saja, maka atas dasar itu harapan yang kami sampaikan pada tema Tahsinul Lughoh tahun ini adalah menciptakan mahasiswa yang adaftif, proaktif, dan inovatif. Filosofi nya adalah 3 sifat ini merupakan sifat yang harus dimiliki mahasiswa era saat ini, saya meyakini ketika seorang mahasiswa mempunyai 3 sifat tersebut maka dia akan menjadi aktor pembeda di lingkungannya dan mampu berdampak pula pada kesolidaritasan angkatannya.” Ujar M. Anis Irfandi selaku Manajer SC. Pemaparan dari Manajer SC mengenai filosofi tema Tahsinul Lughoh 2024 memberi gambaran bagi mahasiswa baru tentang bagaimana pentingnya solidaritas, dan solidaritas dari suatu angkatan akan tercipta dengan adanya sifat adaptif, proaktif, dan inovatif, sebagai modal yang wajib dimiliki seorang mahasiswa di era digital saat ini. Karenanya, Tahsinul Lughoh tahun ini menjadi wadah awal bagi mahasiswa baru Prodi PBA untuk nantinya melangkah menuju tahun-tahun berikutnya dengan solidaritas yang tinggi.
Di hari kedua Tahsinul Lughoh 2024, terdapat pemaparan materi dan Forum Group Discussion (FGD). Materi pertama disampaikan oleh panitia SC mengenai Organisasi dan Kepemimpinan. Adapun materi yang kedua disampaikan oleh Ahmad Afiq Akbar, S.Pd., mengenai materi Kebahasaan. Acara berlangsung hingga sore hari, kemudian dilanjut dengan outbound untuk keseruan acara. Malam harinya berlangsung acara inagurasi oleh masing-masing kelompok dengan penampilan yang begitu memukau. Sebelum dimulainya inagurasi, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab turut hadir di tengah-tengah peserta dan memberi sambutan hangat kepada para mahasiswa baru Prodi PBA. Beliau memberikan informasi terkait wawasan perkuliahan di Program Studi Pendidikan Pahasa Arab. Acara terus berlanjut dengan Forum Alumni hingga pada puncak acara, yakni pembaiatan Mahasiswa/Mahasiswi Baru Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Dimana para peserta diuji mental dan ketangguhannya dengan menjawab berbagai pertanyaan dari panitia. Dengan usainya pembaiatan, mahasiswa/i baru Prodi PBA telah resmi menjadi bagian dari keluarga besar Prodi Pendidikan Bahasa Arab.

Berpijak ke hari terakhir Tahsinul Lughoh 2024, para peserta kembali memasuki forum untuk mengikuti serangkaian acara yang diawali dengan bedah tema, post-test materi, dan diskusi panel. Setelah itu, diadakan orientasi Tim Redaksi Majalah Tahiyyah PBA yang disampaikan langsung oleh Pimpinan Redaksi, Muhammad Zahid An Naufal. Acara selanjutnya yakni pemilihan ketua angkatan 2024 yang disematkan kepada Andi Ilham Razaq sebagai Ketua Angkatan PBA 2024. Penyematan dan pemberian cinderamata dilakukan oleh Jawad Attaqy selaku Ketua Angkatan PBA 2023. Acara berlanjut pada pengenalan anggota panitia OC dan SC oleh masing-masing divisi. Hingga sampai di penghujung acara, Tahsinul Lughoh 2024 berjalan sukses dengan kesan yang luar biasa.

Suksesnya sebuah acara tentu karena adanya kepanitiaan yang tersusun dengan baik. Sebagaimana acara Tahsinul Lughoh tahun 2024 ini dapat terselenggara karena adanya struktur kepanitiaan yang baik pula. Ahmad Kana Za’imuddin selaku Ketua Pelaksana memaparkan tentang persiapan dan kendala dalam pelaksanaan Tahsinul Lughoh 2024 ini, serta bagaimana para panitia mengatasi berbagai kendala yang ada. Jelasnya, “Yang terpenting adalah memberikan pemahaman jobdesk pada setiap divisi, setelah mereka memahami semua jobdesknya maka mereka sudah siap untuk melaksanakan dan mensukseskan acara ini. Untuk kendala tahsinul lughoh keseluruhan baik besar dan kecil itu banyak tapi sudah dapat diatasi.”
Tak hanya panitia, para alumnus Prodi PBA UIN Sunan Ampel Surabaya turut menjadi bagian dari suksesnya acara Tahsinul Lughoh 2024. “Alumni memiliki peran yang besar bagi terlaksananya acara Tahsinul Lughoh. Karena dengan kehadiran alumni pada kegiatan tersebut sedikit banyak dapat memberikan semangat kepada para seluruh mahasiswa PBA terkhusus bagi mahasiswa baru yang ikut kegiatan tersebut. Dengan kehadiran alumni juga bisa memberikan trak record capaian apa saja yang dicapai pada masanya, Dengan harapan setiap mahasiswa bisa melampaui capaian tersebut. Dan yang terakhir, yaitu untuk menyambung tali silaturahmi antar generasi PBA UINSA.” Ujar Ahmad Rifki, M.Pd., salah satu alumni PBA UIN Sunan Ampel Surabaya. Jejak para alumni dapat menjadi pacuan semangat bagi mahasiswa baru, agar nantinya mereka mampu mengikuti kilas balik perjuangan para alumni hingga mencapai titik yang mereka inginkan, dan mampu menebar manfaat dari apa yang telah didapat.

Berbagai momen seru dan mengharukan tercipta dalam bingkai acara Tahsinul Lughoh 2024. Mahasiswa baru diajarkan tentang arti dari kebersamaan dan kekeluargaan, serta tanggung jawab untuk diri dan lingkungan sekitar. Rangkaian acara yang telah disusun oleh segenap panitia dapat terlaksana dengan baik dan memberi kesan positif di hati peserta. “Menurut saya, kegiatan Tahsinul Lughoh 2024 begitu mengesankan. Kami diberi kebebasan bersuara dalam berpendapat, mendapatkan hak-hak yang kami tawarkan, juga materi baru yang masih berkaitan dengan perkuliahan. Dalam kegiatan tersebut menghadirkan para pemateri dan pengisi sambutan yang salah duanya disampaikan oleh Ibu Muflihah, sebagai Kaprodi PBA dan sekretarisnya; Bapak Imam Syafi’i. Para alumnus juga banyak memberi arahan dan motivasi kepada kami sebagai penghuni baru yang menginjakkan kaki di tanah UINSA. Beberapa cuplikan yang saya lihat terkait kegiatan awal perkuliahan, yang mengikis pikiran saya untuk berpikir bahwa kegiatan-kegiatan jurusan yang bertema Tahsinul Lughoh ini juga akan melakukan banyak perpeloncoan kepada para mabanya; untuk memperkuat ketahanan mentalnya, namun nyatanya justru berkebalikan. Kami dibimbing layaknya keluarga sendiri. Saya takjub dengan konsep Tahsinul Lughoh, kami dipastikan membawa ilmu dan materi baru sebelum kembali dari Trawas Mojokerto.” Ucap Zahro’ Ummi Nashiifah, salah satu peserta Tahsinul Lughoh 2024.