Berita

Rabu, 22 Mei 2024 UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar acara pembekalan dan pelepasan mahasiswa program student mobility ke Thailand. Acara yang berlangsung di Hall Lantai 9, Gedung Tengku Ismail Yaqub ini, dihadiri oleh berbagai pejabat penting kampus. Turut hadir Wakil Rektor 1 Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr. Hj. Suqiyah Musafa’ah, M.Ag. Tak ketinggalan, Wakil Dekan 1 Fakultas Syariah dan Hukum Dr. H. Mohammad Arif, M.A., serta Direktur UINSA International Office Nabiela Naily, S.Si., M.H.I., M.A.

Pada kesempatan tersebut, sebanyak 20 mahasiswa dilepas untuk mengikuti program student mobility ke Thailand. Dari jumlah tersebut, 14 mahasiswa berasal dari Fakultas Syariah dan Hukum, sedangkan 6 mahasiswa lainnya berasal dari fakultas lain di UIN Sunan Ampel Surabaya. Program ini akan berlangsung mulai tanggal 29 Mei hingga 26 Juni di Al-Hidayah Foundation, Songkhla, Thailand. Para mahasiswa yang terpilih telah melewati serangkaian tes seleksi yang ketat, termasuk seleksi berkas dan wawancara.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. Hj. Suqiyah Musafa’ah, M.Ag., memberikan pesan penting kepada para mahasiswa. Beliau menekankan pentingnya menjaga nama baik Indonesia dan UIN Sunan Ampel Surabaya selama berada di Thailand. “Jagalah nama baik Indonesia dan almamater kita. Pelajarilah hukum-hukum di Thailand, serta fatwa-fatwa yang ada di sana. Pengalaman ini akan sangat berharga bagi kalian dalam memperluas wawasan dan pemahaman hukum internasional,” ujar Dr. Hj. Suqiyah Musyafaah.

Senada dengan itu, Wakil Rektor 1 Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., juga memberikan pesan inspiratif kepada para mahasiswa. Beliau mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya guna mencari pengalaman dan ilmu sebanyak mungkin. “Manfaatkan setiap momen selama kalian di Thailand untuk belajar dan bertukar pikiran. Pengalaman ini akan menjadi bekal berharga bagi kalian dan nantinya dapat kalian bagikan kepada teman-teman mahasiswa di UINSA,” tutur Prof. Dr. H. Ali Mudlofir.

Direktur UINSA International Office Nabiela Naily, S.Si., M.H.I., M.A., juga memberikan dorongan moral kepada para mahasiswa yang akan berangkat. Beliau menyampaikan bahwa program ini tidak hanya meningkatkan kompetensi akademik tetapi juga memperluas jaringan internasional. Hal ini bermanfaat bagi masa depan para mahasiswa. “Kalian adalah duta-duta akademik yang membawa nama baik Indonesia. Jalinlah hubungan baik dan perluas jaringan internasional kalian selama berada di Thailand,” katanya.

Program student mobility ini tidak hanya berfokus pada peningkatan wawasan akademik. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan soft skills seperti kemampuan beradaptasi, berkomunikasi lintas budaya, dan membangun jaringan internasional. Kegiatan di Al-Hidayah Foundation, Songkhla, Thailand, diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan lebih luas bagi para mahasiswa.

Dengan semangat dan harapan yang tinggi, para mahasiswa diberangkatkan untuk menjalani program ini. Mereka diharapkan dapat meraih banyak ilmu dan pengalaman yang berharga, serta mampu mengharumkan nama baik Indonesia dan UINSA di kancah internasional. Program ini menjadi bukti nyata komitmen UINSA dalam mempersiapkan generasi muda yang kompeten dan siap bersaing di dunia global.

Reportase: George

Redaktur: Suci Wulandari

Desain Foto: Najib