

Sidoarjo, 7 Mei 2025 – Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari di era digital ini. Dalam mempelajari bahasa Inggris, diperlukan media pembelajaran yang interaktif agar peserta didik merasa tertarik dan ikut terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Di SMP Negeri 1 Taman, terdapat mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) yang telah berinovasi untuk meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya berupa media pembelajaran interaktif yang disebut “Notispoly”.
Notispoly merupakan media pembelajaran interaktif yang digunakan untuk mendukung materi bahasa Inggris, yaitu Notice. Notispoly merupakan inovasi yang berasal dari permainan monopoli lalu diintegrasikan dalam pelajaran bahasa Inggris materi Notice. Perbedaan Notispoly dengan monopoli yang asli adalah jika kotak-kotak dalam monopoli berisi nama-nama kota, maka kotak-kotak di dalam Notispoly berisi gambar Notice yang ada di lingkungan sekolah disertai dengan kartu tantangan. Selain itu, Notispoly tetap memiliki uang mainan, kartu kesempatan, pion bermain, dan 1 dadu seperti monopoli pada umumnya. Media Notispoly digunakan untuk kegiatan latihan secara berkelompok untuk menarik perhatian peserta didik dalam menyelesaikan tantangan yang diberikan.


Notispoly adalah permainan edukatif yang dimainkan secara berkelompok, di mana peserta didik dibagi menjadi enam tim dan masing-masing diberi modal awal berupa uang mainan senilai 20.000. Setiap kelompok akan mendapat giliran bermain melalui spin, lalu perwakilan dari tiap kelompok secara bergiliran melempar satu dadu untuk menentukan langkah di papan permainan. Setelah menempati kotak sesuai jumlah mata dadu, perwakilan kelompok wajib mengambil dan menjawab kartu tantangan secara berkelompok selama 1–2 menit. Tantangan tersebut berisi soal-soal seputar Notice, seperti tujuan, letak, jenis, serta latihan membuat kalimat berdasarkan Notice yang mereka dapatkan. Kelompok yang menjawab dengan benar dalam waktu kurang dari satu menit akan memperoleh uang mainan tambahan sebesar 1.000, dan jika mampu membuat kalimat dengan tepat dalam waktu kurang dari dua menit, mereka mendapatkan 2.000, menjadikan permainan ini tidak hanya seru tetapi juga penuh pembelajaran.
Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Notispoly ini memberikan pengalaman yang menyenangkan sekaligus menantang bagi peserta didik. Mereka merasa lebih antusias dan tidak mudah bosan karena belajar dilakukan melalui permainan yang melibatkan kerja sama tim dan strategi. Peserta didik juga mengaku lebih mudah memahami materi Notice karena langsung diterapkan dalam bentuk tantangan yang nyata dan relevan dengan lingkungan sekolah mereka. Selain meningkatkan pemahaman, Notispoly juga melatih kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris secara spontan dan aktif. Inovasi ini pun mendapat respon positif dari peserta didik, yang berharap agar pembelajaran seperti ini bisa terus diterapkan dalam pelajaran bahasa Inggris maupun mata pelajaran lainnya.