Berita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sukses menggelar silaturrahmi pimpinan bersama orang tua atau wali mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), pada Sabtu (05/10/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pimpinan dan sejumlah dosen. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Dr Sirajul Arifin SAg SS MEI selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, menyampaikan antusias karena kegiatan ini dilakukan sebagai upaya menjaga silaturrahmi sekaligus dapat menjelaskan harapan fakultas. Selain itu, Sirajul Arifin turut menegaskan bahwa FEBI akan ada satu program studi baru Manajemen Industri Halal. Dalam sambutan hangatnya, Sirajul Arifin mengungkapkan terima kasih terhadap seluruh orang tua yang hadir yang telah hadir pada acara ini. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Dr H Muhammad Lathoif Ghozali Lc MA.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian sambutan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Prof Akh Muzakki MAg GradDip SEA MPhil PhD yang menekankan pada kualitas pendidikan dan letak kampus UIN Sunan Ampel Surabaya yang strategis. Selain itu, Rektor juga menjelaskan adanya fakultas baru Kedokteran yang akan terletak di kampus Gunung Anyar dan turun memohon do’a seluruh undangan untuk proses finalisasi. “Selamat datang di kampus kami, dengan kualitas yang luar biasa,” tambah Akh Muzakki.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipaparkan secara langsung oleh Dr. Mierrina M.psi Psikolog. CHT., selaku koordinator konseling lembaga penjaminan mutu UINSA. Mierrina sapaan akrabnya, menjelaskan tentang bagaimana pentingnya orang tua memahami anak yang sudah masuk kategori Gen Z. Pada sesi ini kegiatan berjalan dengan interaktif, seluruh orang tua diberi kesempatan untuk mengungkapkan keresahan secara langsung dan lanjut ditanggapi Ibu Mierrina dengan jawaban yang jelas, padat dan bermanfaat. “Sebagai orang tua kita harus mendengarkan terlebih dahulu kemudian kita dapat mencoba memahami dan menyelaraskan pendapat kita,” tips dari bu Mierrina saat orang tua menghadapi Gen Z.

Lebih lanjut, kegiatan penyampaian materi tentang akademik, keuangan, dan kemahasiswaan disampaikan oleh para wakil dekan FEBI. Dr H Muhammad Lathoif Ghozali Lc MA selaku wakil dekan bidang akademik dan kelembagaan menyampaikan terkait profil, visi misi, dan program kerja hingga prestasi dari para mahasiswa FEBI. Kemudian Muhammad Lathoif Ghozali meminta para orang tua agar senantiasa mendukung para putra putrinya. “Kami mohon bapak ibu sekalian selain dari doa juga mendorong anaknya terkait perkembangan studi”. Kemudian penjelasan dilanjutkan dengan pemaparan UKT oleh wakil dekan bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan Dr Siti Musfiqoh MEI yang menjelaskan bahwa perhitungan besaran UKT adalah dari biaya kuliah tunggal (BKT) dikurangi dengan bantuan operasional PTN (BOPTN).

Selanjutnya, penjelasan terakhir tentang kemahasiswaan dan kerjasama disampaikan oleh wakil dekan bidang kemahasiswaan dan kerjasama Achmad Room Fitrianto SE MEI MA PhD yang menjelaskan terkait kerjasama FEBI UINSA dengan Curtin University dengan kerjasama penelitian pemberdayaan manusia sebagai upaya fakultas untuk bergerak ke level berikutnya melalui prestasi. Pak Room sapan akrabnya mengucapkan terima kasih atas kerja sama para orang tua/wali. “Matur nuhun atas kerjasama bapak ibu sekalian, semoga menjadi amal jariyah dan ilmu bermanfaat kedepannya,” pungkas Room. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab bersama seluruh tamu undangan. (KR/FAPY)