Berita

@Syariah dan Hukum

Monday, 20 June 2022

Seminar Public Speaking Islam dan Hukum Humaniter Internasional

Seminar Public Speaking Islam dan Hukum Humaniter Internasional adalah seminar hasil kerjasama antara Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Surabaya dengan  International Committee of the Red Cross (ICRC) atau yang lebih dikenal dengan Komite Internasional Palang Merah. Acara ini terselenggara pada hari Senin, 20 Juni 2022 yang bertempat di ruang Amphitheater gedung Twin Tower lantai tiga UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan seminar kali ini selain melibatkan civitas akademika UIN Sunan Ampel sebagai narasumber dan panitia, turut mengundang juga beberapa narasumber dari luar civitas akademika UIN Sunan Ampel yang di antaranya adalah Dr. Ulya Fahriyati, Lc., M.Ag. dosen Ilmu Al Qur’an dan Hadis di Institut Ilmu keislaman Annuqayah (INSTIKA) sebagai narasumber pertama dan Novriantoni Kahar, M.Si. manajer Program Global Affairs di ICRC sebagai narasumber kedua.

Dr. Abdul Basith Junaidy, M.Ag selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan dalam sambutannya bahwa acara ini termasuk dalam kategori acara yang tertunda pelaksanaannya, dikarenakan sejatinya kegiatan ini diselenggarakan di awal semester genap tahun ajaran 2021-2022, atau sebelum pekan dimulainya perkuliahan. Hanya saja mempertimbangkan pada saat itu perkuliahan masih dilangsungkan secara hybrid, panitia belum dapat memastikan acara akan dapat dilangsungkan secara offline, yang akhirnya diundur sampai akhir semester genap 2021-2022. Meskipun begitu, beliau menyampaikan kegembiraannya karena acara dapat berlangsung lebih efektif dan terasa lebih dekat manfaatnya kepada para mahasiswa dibandingkan jika harus dilangsungkan secara online.

Senada dengan yang disampaikan oleh ketua pelaksana kegiatan, wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama, Dr. Muhid, M.Ag. menyampaikan dalam sambutannya bahwa saat ini kampus-kampus sudah mulai dapat menyelengarakan kegiatan secara offline dan harapannya kegiatan-kegiatan dapat lebih mudah terserap manfaatnya oleh seluruh civitas akademika UIN Sunan Ampel Surabaya yang terlibat pada umumnya dan oleh mahasiswa secara khususnya.

Di awal penyampaian materi, narasumber pertama menegaskan pentingnya mempelajari banyak disiplin ilmu pengetahuan bagi seorang sarjana. Karena menurutnya, sudah termasuk tugas dari seorang sarjana untuk menemukan kesesuaian antara satu bidang kelimuan dengan bidang keilmuan lainnya, seiring dengan bertambah kompleksnya permasalahan-permasalahan kontemporer yang baru-baru saja muncul. Menguasai satu bidang keilmuan dan upaya integrasi-interkoneksi dengan bidang-bidang keilmuan lainnya menjadi barang wajib untuk seorang sarjana.

Agenda berlangsung hangat dengan adanya diskusi dan tanya jawab, dan berakhir pada pukul 11.30 yang diakhiri dengan sesi foto bersama. Ramah tamah bersama narasumber dan panitia bertempat di ruang meeting Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya.