Berita

Surabaya, 10 Januari 2024 – Semangat kolaborasi antara Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya dan Islamic Boarding School (IBS) Nurul Faizah Pasuruan semakin nyata. Dalam sebuah pertemuan yang digelar pada hari Rabu, 10 Januari 2023 bertempat di Ruang Meeting Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya Kampus Gunung Anyar, keduanya sepakat untuk menjalin kerjasama guna mengembangkan program Bahasa Arab dan Inggris di lingkungan IBS Nurul Faizah.

Acara dimulai dengan sambutan dari Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM UINSA), Prof. Dr. Muhammad Kurjum, M.Ag. Beliau tidak hanya memberikan apresiasi tinggi terhadap langkah proaktif kedua belah pihak untuk menjajaki kerjasama, tetapi juga menegaskan komitmen FAHUM UINSA dalam mendukung pengembangan bahasa dengan mitra kerjasama.

Pimpinan rombongan IBS Nurul Faizah, Dr. Hj. Zahrotun Ni’mah Afif, S.HI., M.Pd, didampingi Nur Yasin Shrotol Mustaqim, M.A. juga dalam sambutannya menyampaikan harapannya. Beliau berharap Fakultas Adab dan Humaniora dapat mendelegasikan tim sivitas akademiknya, baik dosen maupun mahasiswa, untuk bersama-sama mengembangkan program Bahasa Arab dan Inggris di lingkungan IBS Nurul Faizah.

Turut hadir dalam acara ini adalah Dekan, Wakil Dekan 1 dan 3, Kepala Bagian Tata Usaha, Ketua dan Sekretaris Jurusan, serta Kaprodi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya. Tak ketinggalan, delegasi dari IBS Nurul Faizah yang turut aktif dalam pertemuan ini, antara lain Nur Yasin Shrotol Mustaqim (Pegawai Subbag Hukmas & KUB Kanwil Kemenag Prov. Jatim), Zahrotun Ni’mah Afif, Miya Rizkiya Ulkhak, S.Mat. (Kepala SMP IBS Nurul Faizah), Akhoda Khiyaaroh, S.Ant. (Kepala MA IBS Nurul Faizah), Haniyya Mudkholata Rahman, dan Yanuarita Nur Azizah.

Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 3, dan Ketua Jurusan dalam sambutannya juga tidak lupa menyampaikan apresiasi atas inisiatif ini. Mereka menyatakan bahwa program ini sangat relevan dengan semangat Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel, yang menjadikan peningkatan program tri dharma civitas akademik di luar kampus sebagai prioritas utama.

Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar, tidak hanya bagi Fakultas Adab dan Humaniora dalam peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, tetapi juga dalam pengembangan bahasa asing di PP Nurul Faizah. Penutupan acara menjadi lebih berkesan dengan penandatanganan naskah MoU sebagai bukti nyata dari implementasi kerjasama yang dijalin dengan penuh semangat dan komitmen dari kedua belah pihak.