Berita

Jum’at, 23 Agustus 2024 pukul 13.30 WIB secara daring Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya telah mengadakan Rapat Evaluasi dan Penyamaan Persepsi yang mengundang seluruh Tutor Ma’had yang dan para Kord. Fakultas Ta’lim Ma’hadi.
Sebagai Moderator, Ust Bahtiyar Rifa’I, M.Pd.I mengawali acara dengan mengajak seluruh peserta rapat dengan membaca al-Fatihah, dilanjut dengan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan hymne UINSA sebagai dasar meningkatkan kecintaan pada Negeri dan juga Instansi. Acara kemudian dilanjut dengan sambutan Mudir Ma’had Al-Jami’ah; Prof. Dr. H. Saiful Jazil, M.Ag.
Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan Tutor yang senantiasa semangat berkhidmah dalam kegiatan Ta’lim Ma’hadi, beliau juga mengingatkan agar tidak lupa saat mengawali kegiatan Ta’lim Ma’hadi benar-benar menyeleksi mahasiswa-mahasiswa yang kurang pandai membaca al-Qur’an agar pihak Pengurus Pusat dapat memberikan layanan pembinaan maksimal bagi mahasiswa UINSA baru yang kurang pandai membaca al-Qur’an.
Disusul kemudian sambutan oleh Warek III; Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. Beliau menyampaikan penting bagi para Tutor untuk senantiasa menjadi suri tauladan bagi mahasiswa baik di kelas maupun di luar kelas, bagi beliau Tutor harus senantiasa mengajari etika dan akhlak terpuji dalam pembelajaran di samping materi yang telah diamanatkan oleh Pusat Ma’had Al-Jami’ah. Dengan berbagai macam latar belakang mahasiswa, tentu akan saling mempengaruhi satu sama lain, maka salah satu tugas penting para Tutor Ma’had adalah mengingatkan dan mengajari mereka agar senantiasa berakhlak mulia.
Selanjutnya acara Evaluasi dan Persamaan Persepsi dipimpin oleh Kord. Kurikulum Ma’had UINSA; Dr. Bakhrul Huda, Lc., M.E.I. Dalam sesi ini, beliau menyampaikan akan pentingnya perbaikan diri para Tutor tentang kedisiplinan masuk kelas yang dalam observasi tahun kemarin ada 9% Tutor dari 150 orang biasa telat masuk kelas lebih dari 10 menit, 3% telat konfirmasi ijin saat para mahasiswa telah ada di kelas dan 1% tanpa konfirmasi sedang para mahasiswanya sudah di kelas.
Berkenaan dengan Penyamaan Persepsi, semua Tutor diharapkan senantiasa memiliki komunikasi baik dengan Kord. Fakultas masing-masing dan para Kosma kelas, melaporkan kejadian penting dan memastikan bahwa para mahasiswanya mendapatkan pengajaran relevan sesuai materi yang diamanatkan dengan tak lupa menjadi tauladan dan mengingatkan para Mahasiswa agar menjadi figur Muslim yang baik akhlaknya. Tidak lupa disampaikan agar para Tutor tetap menjaga kedisiplinannya dalam entri nilai tepat waktu.
Acara yang dihadiri oleh 126 orang ini kemudian ditutup dengan doa oleh Sekretaris Ma’had; Dr. Wasid, M.Fil.I pada pukul 14.45 WIB.[]