Berita

Penguatan Pondasi Akademik: Pelatihan Makalah, Zotero, dan Sosialisasi Beasiswa Bagi Mahasiswa Baru MPI 2024

Pada era perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, terutama dalam bidang pendidikan, penting bagi mahasiswa untuk memiliki pondasi yang kuat dalam menghadapi perkuliahan. Untuk itu, pada Kamis, 22 Agustus 2024, HMP-MPI mengadakan pelatihan bertajuk “Makalah dan Zotero” serta sosialisasi beasiswa. Acara ini ditujukan kepada mahasiswa baru Manajemen Pendidikan Islam (MPI) angkatan 2024 dan bertempat di Laboratorium MPI, Lantai 3, Ruang 302.

Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB dan dibuka oleh Dinti Ekaputri selaku Master of Ceremony. Dalam sambutan pembuka, Ketua HMP-MPI, Moch Saiful Rijal, menekankan pentingnya menyusun makalah berkualitas menggunakan Zotero serta mendorong mahasiswa untuk aktif mendaftar beasiswa sejak awal perkuliahan hingga akhir studi. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Sekretaris Prodi MPI, Bu Anis Sukmawati, yang menekankan bahwa penggunaan reference manager seperti Zotero sangat membantu dalam penyusunan referensi dan jurnal akademik. Sambutan ketiga dari Kaprodi MPI, Bapak Arif Mansyuri, menekankan pentingnya mengamalkan ilmu yang dimiliki, “Ilmu kalau tidak diamalkan, maka tidak ada gunanya. Lebih baik ilmu yang sedikit tetapi digunakan,” ujarnya.

Pelatihan ini dipandu oleh Najma Ariani sebagai moderator. Sesi sosialisasi beasiswa dibawakan oleh Nuriska Nanda, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama anggota HMP-MPI yang merupakan penerima beasiswa. Sesi berikutnya adalah pelatihan makalah dan penggunaan Zotero, yang dipresentasikan oleh Azzah Iftitachun dan dilanjutkan dengan praktik langsung didampingi oleh anggota HMP-MPI.Acara ditutup pada pukul 16.15 WIB dengan doa penutup yang dipimpin oleh Faruh Arrozy. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan informasi yang cukup bagi mahasiswa baru dalam menjalani perkuliahan selama empat tahun ke depan. (Hsnl, fza, frh).