Berita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Wednesday, 31 August 2022

Rapat Dosen FEBI: Persiapan Perkuliahan Semester Gasal 2022/2023

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Ampel Surabaya gelar rapat dosen untuk persiapan Perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2022/2023 pada Rabu, 31 Agustus 2022. Acara yang diadakan di Ruang Al-Ghazali Lt.7 FEBI dihadiri 73 peserta yang terdiri dari para dosen tetap, dosen tidak tetap, dan pimpinan fakultas.

Dekan FEBI, Dr. Sirajul Arifin, S.Ag., S.S., M.E.I., dalam sambutannya menyampaikan grand design fakultas yang dibuat berdasarkan 5 pilar kebijakan rektor diantaranya menjadi writers universityengaged universityentrepreneur universityhome for Indonesian Islam, dan Pro-poor university.

Berdasarkan 5 pilar kebiajakan rektor, FEBI membentuk rumah publikasi, rumah jurnal, rumah kurikulum dan akreditasi, serta rumah pengabdian. Selain itu, salah satu agenda FEBI juga membentuk berbagai pusat studi, diantaranya pusat studi filantropi Islam, pusat pengembangan akuntansi dan perpajakan, pusat studi ekonomi Islam dan industri halal, pusat studi kependudukan dan kebijakan, dan pusat studi bisnis, koperasi, dan kewirausahaan. “Dari beberapa piranti yang telah kami bentuk, kami optimis dapat membawa FEBI untuk mencapai keunggulan di bidang ekonomi dan bisnis Islam yang bertaraf Internasional”, ungkap Dr. Sirajul Arifin, M.E.I.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Muhammad Lathoif Ghozali, Lc., MA., dalam pemaparannya menjelaskan bahwa evaluasi pada asesmen lapangan ekonomi syariah yang beralu di pekan sebalumnya, akan dapat menjadi masukan bagi program studi lainnya untuk berbenah dan meningkatkan kinerja program studi dari sisi layanan akademik maupun non akademik. “Inovasi yang akan dilakukan FEBI seperti implementasi one lecturer one scopus (OLOS) yang berkaitan dengan one student one Sinta (OSOS) diharapkan dapat meningkatkan akreditasi di tingkat prodi, khususnya akreditasi yang di bawah lembaga akreditasi mandiri ekonomi manajemen bisnis dan akuntansi (LAMEMBA)” imbuh Dr. H. Muhammad Lathoif Ghozali, Lc., MA.

Selanjutnya, ketua jurusan ekonomi dan bisnis Islam, Dr. Sri Wigati, M.E.I., melaporkan tentang monitoring berkala penjaminan mutu yang meliputi rencana validasi RPS, rencana validasi soal UTS/UAS, dan rencana monitoring perkuliahan semester gasal 2022/2023 kepada seluruh peserta dosen. Selain itu, sekretaris jurusan ekonomi dan bisnis Islam, Mochammad Ilyas Junjunan, M.A., menambahkan penjelasan tentang pemantauan evaluasi peringkat akreditasi (PEPA) yang merupakan salah satu prioritas gugus kendali mutu di bawah koordinasi lembaga penjaminan mutu tingkat universitas untuk selalu memantau Indikator PEPA di setiap program studi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. Sesi berikutnya dilanjutkan dengan tanya jawab dan pemberian masukan serta kritikan yang membangun oleh para Dosen FEBI. Kemudian di akhir rapat, dilakukan pendampingan pengisian sister bagi dosen, oleh Noor Wahyudi, M.Kom. [mij]