Berita

Rabu, 14 Desember 2022, Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan Study Excursion dengan tema”Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan” yang diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pendalaman dan penguatan materi mata kuliah Al-Idarah wa Al-Isyraf At-Tarbawy (Administrasi dan Supervisi Pendidikan), yaitu salah satu mata kuliah yang terdapat dalam Program Studi Pendidikan Bahasa Arab pada semester 5 (lima). Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini  adalah untuk meningkatkan dan menguatan pemahaman mahasiswa tentang administrasi dan supervisi pendidikan.

Kegiatan ini,  dihadiri dan di buka secara daraing oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd. hadir juga Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Dr. Muflihah, S.Ag, MA.  Dengan peserta wajib mahasiswa Prodi Pendidikan bahasa Arab semester 5 yang terdiri dari 3 kelas  yang jumlahnya mencapai lebih dari 80 mahasiswa.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan  dipandu oleh Tadarrosatul Hikmiyah sebagai MC. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA dilanjutkan dengan  dengan sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama  dsampaikan oleh Muhammad Farhan Rosidi sebagai ketua panitia dalam acara tersebut. Ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah berpartisipasi penuh dalam mensukseskan kegiatan ini. Tak lupa beliau juga menghimbau agar seluruh peserta mengikuti kegiatan ini secara maksimal dengan harapan agar dapat memetik manfaat untuk hari ini dan masa depan.

Sambutan yang kedua disampaikan sekaligus membuka acara dengan resmi oleh Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam sambutannya, beliau  mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia meluangkan waktu ditengah kesibukannya untuk berbagi ilmu bersama mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Ampel Surabaya, serta kepada mahasiswa yang begitu antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Kemudian dilanjutkan dengan opening speach oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab  UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. Muflihah, S.Ag, MA. Dalam sambutannya menegaskan bahwa, ”Saya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini, karena dari kegiatan ini kita dapat mengambil banyak manfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua dalam memaksimalkan perkuliahan. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat menjadi celengan untuk persiapan akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab  dalam melibatkan alumni sebagai narasumber ekspert.” ungkapnya.

Selanjutnya dilaksanakan sesi penyampaian materi oleh dua narasumber Expert. Ahmad Fauzi, M.Pd. merupakan dosen pengampu mata kuliah Al-Idarah wa Al-Isyraf At-Tarbawy (Administrasi dan Supervisi Pendidikan) sekaligus pembicara pertama dalam kegiatan ini. Beliau menyampaikan materinya terkait ”Kepala Sekolah dan Supervisi Pendidikan Untuk Menjamin Mutu Pada Satuan Pendidikan”. Pembicara kedua, Moh. Syuhada’, S.Ag. MA. merupakan seorang Pengawas Madrasah Kemenag Kabupaten Tuban, Asesor Badan Akreditasi Sekolah/Madarasah, dan merupakan Anggota IKA Alumni UIN Sunan Ampel Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Beliau menyampaikan materi tentang ”Peran Kepala Sekolah dan Pengawas Satuan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”.

Dalam penyampaiannya, Moh. Syuhada’ mengatakan bahwa mahasiswa calon guru harus mampu menguasai ilmu terkait administrasi dan supervisi pendidikan serta menerapkan kepemimpinan dengan baik, karena kepala sekolah dan pengawas/supervisor berperan tidak hanya mengawasi saja, akan tetapi juga memimpin dan mengepalai suatu lembaga. Selain itu, beliau juga memaparkan mengenai tujuan diadaannya supervisi adalah kepala sekolah memiliki pengetahuan dan keterampilan, membantu pendidik dan kepala madrasah dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran serta yang terpenting adalah memotivasi guru dan tenaga kependidikan agar bersinergi dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran di madrasah.

”Supervisi hakikatnya adalah berbagi fungsi kepemimpinan sebagai pengawas atau kepala madrasah dengan guru dalam bentuk pembinaan, refleksi, penelitian bersama, belajar bersama, eksplorasi, dan pemecahan masalah. Kemudian pengawasan bebas posisi dimana semangat yang mendasari supervisi adalah ekspansi bukan restriksi (pembatasan), alternatif bukan direktif (arahan dari atasan) dan dorongan moral bukan kewajiban formal.” tambahnya.

Acara di akhir dengan closing statement  dari dosen pengampu mata kuliah Al-Idarah wa Al-Isyraf At-Tarbawy (Administrasi dan Supervisi Pendidikan) dengan ucapan terima kasih atas kolaborasi dalam menguatkan pemahaman mahasiswa calon guru dalam memahai proses administrasi dan supervisi sekolah madrasah.