Berita

Selasa, 7 April 2020, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan kegiatan penetapan sekaligus sosialisasi Body of Knowledge (BoK) yang telah disusun oleh tim Program Studi. Acara yang dihadiri oleh seluruh dosen Prodi PGMI, seluruh mahasiswa Prodi PGMI, dan 20 pengguna mitra lulusan antusias menyimak pemaparan dari Prodi PGMI terkait Body of Knowledge (BoK).

Program sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang konsep “Body of Knowledge” yang merupakan landasan utama dalam pengembangan kurikulum di program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Konsep ini mencakup pengetahuan esensial yang harus dikuasai oleh para profesional di bidang PGMI.

Acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Ali Mas’ud, M.Ag, M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau memaparkan pentingnya pemahaman konsep “Body of Knowledge” bagi dosen, mahasiswa, dan mitra penguna lulusan. “Dengan memahami konsep ini, mahasiswa akan dapat mengenali dan mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Prof. Ali Mas’ud.

Acara ini juga menampilkan sesi diskusi dengan narasumber ahli di bidang akademik dan industry pendidikan yang membahas relevansi konsep “Body of Knowledge” dalam konteks perkembangan profesional dan industri pendidikan khususnya madrasah dan sekolah dasar saat ini. Para peserta terutama mahasiswa aktif bertanya dan berdiskusi, mengeksplorasi berbagai sudut pandang tentang bagaimana konsep ini dapat diterapkan dalam studi mereka dan karir masa depan.

Salah satu peserta, Sarah, mahasiswa semester akhir Prodi PGMI, menyatakan, “Acara ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami menjadi lebih sadar akan pentingnya memiliki pengetahuan yang komprehensif di bidang kami dan bagaimana hal itu dapat membantu kami mempersiapkan diri untuk masa depan yang cerah”, ujarnya.

Kegiatan penetapan dan sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memperkuat pemahaman dan kesadaran mahasiswa akan pentingnya konsep “Body of Knowledge” Prodi PGMI dalam pengembangan diri mereka sebagai profesional yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.