Berita

Yuniar Farida, MT, melakukan kunjungan visitasi magang mahasiswa Program Studi S-1 Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) di Bank Tabungan Negara (BTN) Surabaya, pada Selasa, 23 April 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk memantau perkembangan dan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa selama menjalani program magang serta mendapatkan masukan dari pihak instansi terkait evaluasi dan perbaikan program magang ke depan.

Program magang ini diharapkan dapat menjembatani keilmuan yang diperoleh mahasiswa di bangku kuliah dengan dunia kerja nyata. Mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan teori-teori matematika yang telah dipelajari di kampus dalam konteks pekerjaan di perbankan. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa, sehingga mereka memiliki kompetensi yang memadai saat terjun ke dunia kerja nanti.

Yuniar dalam kunjungannya menyampaikan pentingnya sinergi antara dunia akademik dan industri. “Kegiatan magang seperti ini sangat penting untuk mendekatkan keilmuan yang didapat di bangku kuliah dengan kebutuhan dunia kerja. Mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga praktik langsung di lapangan, sehingga mereka bisa lebih siap menghadapi tantangan profesional di masa depan,” ujarnya.

Selama visitasi, Yuniar Farida juga mengadakan diskusi dengan para mahasiswa dan pembimbing pamong di BTN Surabaya. Mahasiswa diberi kesempatan untuk menyampaikan berbagai kendala yang mereka hadapi selama magang, seperti adaptasi dengan lingkungan kerja, penerapan teori dalam praktik, serta tantangan teknis lainnya. “Kami sangat terbuka dengan adanya feedback dari mahasiswa dan instansi tempat mereka magang. Ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas program magang, agar benar-benar mampu memberikan manfaat maksimal bagi mahasiswa,” tambah Yuniar.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan program magang mahasiswa Program Studi S-1 Matematika UINSA dapat berjalan lebih efektif dan memberikan dampak positif yang signifikan, baik bagi mahasiswa, universitas, maupun instansi tempat mereka magang. Program magang ini juga diharapkan mampu mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja dengan keterampilan dan pengetahuan yang telah terasah.