Berita

Syariah dan Hukum

Sunday, 7 August 2022

Prodi Hukum FSH-UINSA Turut Serta Berpastisipasi Dalam Merumuskan Pendidikan Hukum Berbasis MBKM di UIN Sunan Kalijaga

Selama 3 (Tiga) hari sejak tanggal 14 s.d 16 Juli 2022 Ketua Program Studi Hukum Fakultas Syariah dan Hukum-UIN Sunan Ampel Surabaya berserta dengan rombongan hadir di UIN Sunan Kalijaga dalam kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Asosiasi Program Studi Ilmu Hukum (APSIH) PTKIN di Indonesia.

Selain dalam rangka menjalin silaturahmi dan kerjasama, kegiatan ini juga dikemas dalam rangka meningkatkan eksistensi Program Studi Ilmu Hukum di kancah nasional dan Internasional. Kegiatan yang tidak kalah penting ialah pembahasan terkait isu strategis MBKM yang senantiasi akan dilaksanakan pada masing-masing Perguruan Tinggi. Kegiatan MBKM sebagaimana dimaksud dihadirkan dalam konsep seminar dengan tajuk “Merumuskan Pendidikan Hukum yang Kompetitis Berbasis MBKM”.

Hadir sebagai pembicara ialah, 1) Prof. KH. Yudian Wahyudi, MH dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)  Republik Indonesia 2) Dr. H. Ahmad Bahiej selaku Kabiro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Agama Republik Indonesia, 3) Dr. Ali Hanafiah Selian, SH, MH selaku Kaprodi Ilmu Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Dr. Rahman Syamsuddin, SH, MH selaku Kaprodi Ilmu Hukum UIN Alauddin Makassar sekaligus ketua APPSIH PTKIN.

Selain kegiatan pokok berupa seminar tersebut terdapat beberapa kegiatan yang turut sebagai pembahasan, diantaranya: Rapat Kerja Pengurus APPSIH dengan pokok pembahasan tentang penerbitan buku, pembuatan kartu anggota, Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Prodi dengan APPSIH, antara APPSIH dengan BPIP, Prodi Ilmu Hukum dengan BPIP, dan Prodi Ilmu Hukum dengan Kabiro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Agama.

Untuk informasi, beberapa Dosen Fakultas Syariah dan Hukum yang didelegasikan dalam kegiatan ini diantaranya:

  1. Muwahid, S.H., M.Hum
  2. Nurul Asiya Nadhifah, MHI
  3. Elva Imeldatur Rohmah, M.H
  4. Pasca Zakky Muhajir Ridlwan, M.Kn

Sholeh