Berita

Syariah dan Hukum

Sunday, 7 August 2022

ICoSLaw 2022: Wadah Akademisi untuk Berkreasi

Kamis, 04 Agustus 2022 telah berlangsung kegiatan seminar “International Conference on Sharia and Law” yang dilaksanakan di ruangan Amphitheater Lt. 3 Gudung A Twin Towers UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini merupakan kegiatan puncak dari ICoSLaw 2022 yang menghadirkan Walikota Surabaya bersama dengan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut ialah Sonny Zulhuda, L.L.B., M.C.L., P. hD (International Islamic University Malaysia), Dr. Nur Hasanah, M. Ag (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Dr. K.H Ahmad Izzuudin, M. Ag (UIN Walisongo Semarang) dan Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I (IAIN Ponorogo). Selain membahas terkait perkembangan kelilmuan Falak di Indonesia, kegiatan ini juga memberikan paparan mengenai perkembangan hukum dan hukum Islam di Indonesia.

Selain kegiatan seminar, hadir pula sesi Call for Presentation dari beberapa extended abstract yang telah dinyatakan diterima oleh panitia. Mukhammad Nur Hadi selaku penangung jawab Call for Paper menyampaikan bahwa memang cukup banyak pendaftar pada acara ICoSLaw 2022 ini. “Alhamdulillah setidaknya terdapat 145 Extended Abstract yang telah didaftarkan pada ICosLaw 2022 ini dan 50 diantaranya kami terima serta akan dipresentasikan sesuai dengan masing-masing tema yang telah ditentukan. Selain itu, terdapat beberapa peserta baik dari luar ataupun dalam negeri diantaranya, Ultrecht University, Markaz Abu Zaid (Kairo Mesir, Libya, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Universitas Negeri Surakarta, Institut Pesantren Sunan Drajad Lamongan, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Lumajang, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, IAIN Madura, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sumatera Utara dan beberapa Dosen Fakultas Syariah dan Hukum-UIN Sunan Ampel Surabaya”. Paparnya.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. Suqiyah Musafa’ah pun menyampaikan ucapan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh Tim yang telah kompak dalam melaksanakan kegiatan ICoSLaw 2022 ini. Beliau pun berharap Tim ini bisa tetap solid sehingga Fakulta Syariah dan Hukum ke depanya semakin baik dan jaya.