Berita
PIAUD MENGAJAR SESI 1 MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI MERDEKA MENGAJAR

Mahasiswa sebagai komunitas elit di level masyarakat yang memiliki kemampuang dalam menguasai teori dan pengetahuan, pada era digitalisasi ini tidak hanya sebagai menara gading dan mercusuar yang gagah di bangku kuliah dan penuh sesak teori dalam otak namun kurang bahkan kosong dalam praktek dan pelaksanaannya. Sebagai insan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan kelak akan kembali ke masyarakat maka perlu adanya keseimbangan antara teori dan praktek yang harus dikuasai mahasiswa agar kelak ketika lulus mereka menjadi masyarakat yang Ready sebagai agen of change.

Dikaitkan dengan program merdeka belajar dan merdeka mengajar, juga adanya program PLP I dan PLP II (Pengenalan Lapangan Persekolahan) kegiatan ini bertujuan untuk membekali secara nyata bagi mahasiswa akan praktek pembelajaran di PAUD.  Kegiatan  yang bertajuk PIAUD MENGAJAR SESI 1,  juga merupakan salah satu pelaksanaan bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Prodi PIAUD sebagai tindak lanjut dari MoU atau kerjasama dengan lembaga Mitra.  Selama  sehari penuh mahasiswa PIAUD melaksanakan pembelajaran outdoor learning dengan  siswa PIAUD dari RA Al Qodir Sidoarjo pada tanggal 24 September 2022 bertempat di lapangan olah raga   yang berada di sekitar RA AL Qodir Sidoarjo.  Delapan orang mahasiswa Prodi PIAUD dengan  nama: Putri Nur Ramadhani Aida, Farihatul Hidayah, Anis Syuroyyah, Eni Maratul Konita, Puja Emilia Permata Sari, Siti Rohmah, Brian Firmansyah, Lailatul Mukarromah, melakukan kegiatan Merdeka Mengajar, yang juga tergabung  dengan pelaksanaan PLP II selama 8 minggu (07 September 2022 s.d 26 Oktober 2022).

Dalam kegiatan Merdeka Mengajar tersebut mahasiswa PIAUD FTK UIN Sunan Ampel Surabaya mengajak siswa RA Al Qodir untuk mengenalkan lingkungan sekitar sekolah sebaga sumber belajar. Siswa tidak hanya diajarkan materi di dalam kelas yang juga merupakan sumber belajar namun dikenalkan bahwa banyak sumber untuk belajar di lingkungan sekitar dan di luar kelas. Hal ini senada dengan permintaan dalam intrumen akreditasi BAN PAUD dan PNF. Siswa terlihat begitu antusias dan respek terhadap kegiatan yang dipersiapan oleh mahasiswa Prodi PIAUD. Kedepan kegiatan seperti ini akan terus dan lebih banyak lagi dilaksanakan oleh Prodi PIAUD FTK UIN Sunan Ampel Surabaya untuk menerjunkan mahasiswa ke masyarakat sebagai bekal bagi mahasiswa itu sendiri, bentuk pengabdian kepada masyarakat bagi dosen, dan terjalin relasi yang lebih harmonis dengan mitra.