Berita

PERPUSTAKAAN SELENGGARAKAN “TOP’S BINGITS: MELAKUKAN ANALISIS SENTIMEN PADA TWITTER”

Senin, 13 Maret 2023 merupakan agenda kedua Perpustakaan menyelenggarakan Tematic Open Sharing Broadcast Information and Technology’s (TOP’s BINGITS) yang diselenggarakan di ruang pelatihan 1, perpustakaan UINSA. Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. (kepala perpustakaan) dan dihadiri oleh pustakawan UINSA.

Pada pertemuan kedua ini, Aris Fanani, M.Kom. selaku narasumber memaparkan terkait analisis sentimen pada twitter (crawling data). Analisis sentimen merupakan proses menganalisis teks digital, dimana dari teks tersebut dapat diketahui apakah teks tersebut bersifat positif, negatif maupun netral. Sehingga dalam hal ini data percakapan di Twitter dapat dijadikan sebagai bahan riset.

sesi penyampaian materi

Dengan melakukan analisis sentimen,  pustakawan dapat menelusuri terkait topik tertentu khususnya di bidang perpustakaan yang sedang hangat diperbincangkan. Lebih lanjut, Aris Fanani, M.Kom menuturkan agar lebih bijak dalam bermedia sosial. Hal ini dikarenakan jejak digital akan sangat sulit untuk dihapus. Kegiatan ini diakhir dengan sesi tanya jawab dan penyerahan cenderamata oleh kepala perpustakaan kepada pemateri.

penyerahan cenderamata oleh kepala perpustakaan kepada pemateri