Berita

Gunung Anyar, Surabaya (03/10/2022) – Jurnal Penelitian Psikologi (JPP) Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya telah terakreditasi SINTA 4 setelah melalui berbagai perjalanan dan sejarah yang tidak mudah. Jurnal Penelitian Psikologi (JPP) diterbitkan oleh Program Studi Psikologi dengan focus and scope artikel pada hasil-hasil penelitian di bidang psikologi. 

Pada awalnya, JPP ini sebagai media publikasi hasil penelitian skripsi mahasiswa psikologi yang selama ini hanya menjadi dokumen/manuskrip yang ditaruh di rak-rak perpustakaan, sehingga kurang dibaca dan diketahui oleh para pembaca. Melalui penerbitan jurnal ilmiah berkala, diharapkan artikel-artikel luaran skripsi mahasiswa psikologi dapat dipublikasikan dan menambah nilai diseminasi akademik. 

Melalui ikhtiar inilah, maka JPP hadir dengan Volume 1 Nomor 1 tahun 2010 terbit pertama kali yang pada waktu itu diterbitkan oleh Program Studi Psikologi yang masih berada di bawah Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. JPP hadir dikomandani oleh Dr. Abdul Muhid, M.Si sebagai Editor in Chief yang saat itu sekaligus sebagai Sekretaris Program Studi Psikologi. Dengan segala asa dan harapan yang tinggi, JPP diterbitkan secara mandiri. Biaya percetakan jurnal diinisiasi secara sukarela oleh tim redaktur.  

Hadirnya penerbitan JPP yang diterbitkan secara mandiri oleh Program Studi Psikologi ini kemudian menjadi pemicu dan penggerak program-program studi lainnya di Fakultas Dakwah dan Fakultas-Fakultas lain di IAIN Sunan Ampel Surabaya saat itu untuk menerbitkan jurnal-jurnal berbasis program studi. Hal ini menarik perhatian Rektor saat itu Prof. Dr. H. Nur Syam, M.Si. yang kemudian mengambil kebijakan supaya ada pendanaan untuk biaya cetak jurnal, di mana pada saat itu dunia perjurnalan masih berbasis cetak, belum mengenal Open Journal System (OJS).  

Seiring berjalannya waktu, JPP mengalami dinamika dan pergantian tim pengelola jurnal. Perubahan ini berimbas kepada tata kelola JPP, di mana akhirnya JPP mengalami vakum dalam proses penerbitan artikel. Sampai pada tahun 2016, JPP kembali aktif terbit dan sudah memiliki OJS. Pada tahun 2016, JPP terbit kembali dalam 2 edisi yaitu edisi Vol. 7 No. 1 tahun 2016 dan edisi Vol. 7 No. 2 tahun 2016. Namun sangat disayangkan, karena adanya internal matter sehingga setelah terbitan 2 edisi tersebut, JPP kembali vakum. 

Permasalahan JPP yang cukup rumit ini menarik perhatian Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Psikologi dan Kesehatan pada saat itu yaitu Dr. Abdul Muhid, M.Si. Sehingga pada pertengahan tahun 2019 pengelolaan JPP diambil alih. Sebagai upaya menghidupkan kembali JPP, maka kebijakan fakultas menunjuk Dr. Lufiana Harnany Utami, S.Pd., M.Si sebagai Editor in Chief dan Funsu Andiarna, M.Kes. sebagai Manager Editor sekaligus yang mengoperasikan OJS jurnal.  

Selanjutnya, mulai tahun 2019, JPP kembali hidup dan mulai aktif menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian psikologi baik dari luaran penelitian skripsi mahasiswa dan hasil penelitian dosen Program Studi Psikologi FPK UINSA sendiri maupun artikel-artikel hasil penelitian psikologi dari luar UINSA. Penerbitan artikel JPP dimulai pada edisi Vol. 10 No. 2 Oktober tahun 2019. Sejak saat itu, JPP secara teratur menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian psikologi setahun 2 kali yaitu edisi April dan Oktober dengan setiap kali terbit sebanyak 6 artikel. 

Tidak ada yang sia-sia dalam setiap usaha, perjalanan panjang JPP akhirnya menuai hasilnya. Pada tanggal 3 Oktober tahun 2022, JPP telah resmi terakreditasi SINTA 4. Prestasi ini merupakan kebanggaan bagi para pengelola JPP dan seluruh civitas akademika Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya. Meski tentu harus tetap terus berjuang, belajar dan belajar lagi untuk memperbaiki kualitas tata kelola jurnal menuju jurnal bereputasi lebih tinggi lagi. (ODR)