Berita

Perjalanan ke UIN Mataram: Membangun Jejaring dan Kolaborasi Riset Internasional

Mataram, 24 November 2023 – Rombongan Dosen dan civitas akademika Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (FPK UINSA) baru saja menyelesaikan perjalanan mereka ke Universitas Islam Negeri Mataram (UIN Mataram). Rombongan ini berangkat dari Surabaya pada Kamis, 23 November 2023 pukul 16.30 WIB dan sampai di Mataram pada pukul 17.30 WITA.

Keesokan harinya yaitu pada Jumat, 24 November 2023 merupakan agenda untuk bertandang ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Mataram. Rombongan dosen dan civitas akademika FPK UINSA menuju UIN Mataram dan tiba pukul 09.00 WITA. Setibanya di UIN Mataram, rombongan disambut oleh Prof. Atun Wardatun, Ph.D selaku Ketua LPPM dan Dr. M. Sa’i selaku Sekretaris LPPM. Pertemuan yang diadakan di Ruang Sekretaris LPPM ini memberikan beberapa poin penting, terutama dalam konteks peningkatan publikasi ilmiah. Tidak hanya itu, pokok pembahasan lainnya ialah strategi agar jurnal yang dikelola dapat terindeks Scopus. Pentingnya peran ketua editor dalam mengawal kualitas naskah menjadi sorotan utama agar dapat bersaing secara global.

Poin lain yang turut dibahas adalah mengenai kolaborasi riset internasional. UIN Mataram berhasil menjalin kerjasama penelitian dengan Queensland University, Australia. Pendanaan penelitian dari pemerintah Australia memberikan peluang emas bagi mahasiswa UIN Mataram untuk terlibat dalam pengambilan data, sehingga hasil penelitian tersebut dapat diakui untuk akreditasi. Kolaborasi riset semacam ini menekankan pentingnya jaringan pertemanan akademisi lintas institusi dan lintas negara.

Selanjutnya, rombongan dipertemukan dengan Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Masnun, di ruang rektorat. Beliau menyambut tamu dengan antusiasme tinggi, menyatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat penting untuk membangun jejaring dan merawat silaturahim antar institusi.

Setelah selesai melakukan serangkaian kegiatan tersebut, rombongan dosen dan civitas akademika kembali ke Surabaya pada Sabtu, 25 November 2023, dengan membawa pulang pengalaman berharga dan harapan akan terus berkembangnya kerjasama antarlembaga untuk meningkatkan kualitas riset dan publikasi ilmiah.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi
Editor: Muhammad Syifaul Muntafi, M.Sc