Berita

Pendidikan Bahasa Arab

Wednesday, 10 August 2022

PENINGKATAN PUBLIKASI ILMIAH, PRODI PBA ADAKAN KONFERENSI NASIONAL PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, mengadakan Gawe Besar melalui Konferensi Nasional Pendidikan Bahasa Arab pada Rabu (10/22)Program ini bertujuan untuk meningkatkan intensitas publikasi ilmiah dikalangan akademisi, dilaksanakan di Gedung Twin Tower, Amphiteather, lantai 3, UIN Sunan Ampel Surabaya. Tema Konferensi ini adalah Pembelajaran Bahasa Arab di Era New Normal.

Ada 4 Narasumber Nasional yang berkompeten, yang akan berbicara dan membahas tentang tema pembelajaran Bahasa Arab di masa sekarang, yakni Dr.H. Tulus Musthofa, Lc, MA, dari UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta yang akan mendalami tentang tema khusus Pembelajaran Bahasa Arab di Era New Normal, yang kedua adalah, Prof. Dr. H. M. Abdul Hamid, MA, dari UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, beliau akan berbicara tentang Pembelajaran Bahasa Arab berbasis IT, Pembicara yang ketiga adalah Prof. Dr. Muhammad Thohir M.Pd, dari UIN Sunan Ampel, berbicara tentang Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab, dan Narasumber yang terakhir, Dr. Nasaruddin Idris Jauhar, M.Ed, juga dari UIN Sunan Ampel, akan membahas seputar Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Arab.

Kegiatan dibuka dengan berbagai jenis tarian dan sambutan dari Ketua Panitia, Ainun Syarifah, M.Pd.I, dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag. Melanjutkan kegiatan, Wakil Rektor 3, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Konferensi Nasional Pendidikan Bahasa Arab secara resmi.

Konferensi Nasional Pendidikan Bahasa Arab ini dihadiri sekitar 250 peserta, yang terdiri dari presentator artikel dan partisipan dari dalam dan luar UIN Sunan Ampel Surabaya. Selain mereka mengikuti konferensi nasional, mereka akan mempresentasikan tentang artikel yang berorientasi tentang pembelajaran Bahasa arab yang telah diseleksi oleh tim Konferensi,ada sekital 62 artikel yang akan dipresentasikan dalam forum ini dan akan dipublikasikan dalam bentuk Proceding online ber-ISBN.( http://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/KPBA/index).

Terlaksananya Konferensi Nasional Pendidikan Bahasa Arab ini, diharapkan untuk meningkatkan kapasitas publikasi ilmiah para mahasiswa dan dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Arab, serta memberikan proses habituasi untuk civitas akademika UIN Sunan Ampel untuk intens produktif menghasilkan karya ilmiah yang disubmit dijurnal berakreditasi SINTA Nasional maupun bereputasi internasional berskala Scopus, hal ini seiring dengan visi-misi UINSA menuju universitas kelas dunia dari perspektif penulisan dan publikasi ilmiah, sebagai bagian dari stereotip University as Academic Industry. Semoga harapan yang baik ini akan segera terlaksana melalui kegiatan besar ini, Amin ya Robbal Alamin.