Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuhu
Diinformasikan kepada mahasiswa baru, bahwa Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya, yang berlokasi di Kampus UINSA Jl. Ahmad Yani 117 Surabaya membuka Pendaftaran Tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024/2025.
A. Syarat dan ketentuan pendaftaran sebagai berikut:
- Mahasiswa Baru Program Sarjana UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun Akademik 2024/2025 dari seluruh Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang telah menyelesaikan heregistrasi pembayaran Uang Kuliah Tunggal (melampirkan bukti pembayaran UKT);
- Selama Kuota kamar di Asrama Ma’had Al-Jami’ah UINSA Ahmad Yani masih tersedia;
B. Cara Alur Pendaftaran Tinggal di Ma’had Al-Jami’ah UINSA Ahmad Yani
- Pendaftaran dilakukan secara online;
- Mengisi Formulir Pendaftaran secara online dengan menyiapkan berkas yang akan diunggah sebagai berikut:
a. Photo berwarna ukuran 3X4 maksimal 1 mb dengan format jpg;
b. Bukti Sah Pembayaran UKT, berupa file pdf maksimal 1 mb; - Link Pendaftaran adalah sebagai beriku:
a. Link Pendaftaran untuk Mahasantri Putra: https://s.id/Pesma24
b. Link Pendaftaran Untuk Mahasantri Putri: https://s.id/Pesmi24 - Bukti Pendaftaran, Kode Pembayaran (VA) serta Surat Pernyataan akan dikirimkan ke e-mail pendaftar.
C. Biaya, Pembayaran dan Masa Tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah Kampus UINSA Ahmad Yani
- Biaya tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah UINSA sebesar Rp. 7.000.000,-/Tahun;
- Pembayaran dibayarkan melalui Virtual Account BTN yang dikirimkan melalui e-Mail Pendaftar pada pukul 08.00 WIB hari berikutnya setelah melakukan pendaftaran;
- Pembayaran sebesar Rp.7.000.000,-/Tahun bisa dilakukan sekaligus; atau bisa diangsur sebanyak 2 kali, dengan ketentuan pembayaran yang pertama sebesar Rp. 5.000.000,-, dan Pembayaran yang kedua sebesar Rp. 2.000.000,-;
- Bagi yang melakukan pembayaran dengan angsuran, pembayaran pertama dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan, dan pembayaran kedua dilaksanakan paling lambat sebelum mahasantri check-in/masuk ma’had;
- Bukti sah pembayaran disimpan dengan baik dan disampaikan pada saat check-in;
- Masa tinggal di Ma’had/Asrama Pesantren Kampus terhitung mulai Bulan Agustus 2024 s.d Juni 2025;
D. Fasilitas Tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah Kampus UINSA Ahmad Yani
- Kasur;
- Almari;
- Kipas angin per kamar;
- Ranjang Susun;
- Air PDAM;
- Kamar Mandi Komunal (bersama);
- Listrik (secara detil penggunakan listrik akan diatur dikemudian hari)
- Pembinaan dan Pendampingan Oleh Muwajjih/ah meliputi:
a. Kajian Kitab Kuning;
b. Tahsin Al-Qur’an;
c. Tahfidz/Hafalan Al-Qur’an;
d. Pengembangan Minat dan Bakat;
e. Penguatan dan Pembiasaan Bahasa Arab dan Inggris;
f. Olahraga Bersama, dan lain sebagainya.
E. Jadwal Penting
- Pendaftaran
Gelombang I : Tanggal 26 Juni – 15 Juli 2024
Gelombang II : Tanggal 16 Juli – 9 Agustus 2024 - Pembayaran
Gelombang I : Tanggal 27 Juni – 16 Juli 2024
Gelombang II : Tanggal 17 Juli – 10 Agustus 2024 - Check-In masuk ma’had
sebelum pelaksanaan Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK), atau akan diinformasikan lebih lanjut
F. Perlengkapan Wajib Mahasiswa yang harus dibawa saat masuk Ma’had adalah sebagai berikut:
- Pakaian secukupnya;
- Pakaian Wajib sebagai berikut:
Mahasantri Putra:
– Kemeja/Koko Putih Lengan Panjang;
– Kopyah warna hitam
– Sarung
Mahasantri Putri:
– Mukena
– Kemeja/Atasan Putih lengan Panjang;
– Rok Hitam/Gelap Panjang
– Jilbab Putih - Mushaf Al-Qur’an;
- Buku Tulis Saku Tebal untuk menulis mufrodat/kosa kata Arab dan Inggris;
- Perlengkapan Mandi;
- Perlengkapan Obat-obatan untuk pribadi.
G. Keterangan lainnya
- Setelah pendaftaran berhasil, calon mahasantri dimohon untuk join ke Wa Group yang linknya dikirimkan melalui e-mail bersamaan dengan bukti pendaftaran online;
- Check-in bisa dilakukan dengan membawa sebagai berikut:
a. Bukti pendaftaran online;
b. Surat pernyataan asli bermaterai siap mengikuti kegiatan ma’had;
c. Bukti pembayaran tinggal di ma’had; - Mahasantri membawa sprei kasur dan bantal sendiri (ukuran kasur 90 x 200 cm)
- Pembagian kamar mahasantri sepenuhnya akan dilakukan oleh pengurus.
Demikian, pengumuman ini, untuk diperhatikan dan dipedomani. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi An. Bahtiyar Rifa’i, M. Pd. I (085731581321), Sdr. Ibnus Shofi, M. Ag (085785522283), dan Rochimah, M. Fil.I (081330909303), atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Pengumuman Lengkap dapat diunduh di bawah ini:
Panduan Pembayaran dapat diunduh di bawah ini: