Column

PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL

Oleh: Asri Sawiji, MT.
Ketua Jurusan Sains pada Fakultas Sains dan Teknologi FST UINSA Surabaya

Dunia pendidikan tinggi saat ini telah mengalami perubahan dan perkembangan yang signifikan.  Kita UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai Universitas yang bertujuan untuk dapat kompetitif di dunia internasional maka penting bagi kita sebagai pendidik untuk senantiasa berinovasi, menggunakan teknologi dan kebijakan, yang beradaptasi terhadap kebutuhan Masyarakat.

Pemanfaatan teknologi seperti kecerdasan buatan, analisis data, dan kecerdasan komputasional untuk meningkatkan pengalaman belajar sudah tidak dapat kita hindari. Media sosial menjadi saluran yang paling jamak digunakan oleh generasi Z untuk mengakses dan mencari informasi serta berita. Survey mengatakan bahwa 71% Generasi Z mendapatkan informasi dari media sosial (Asmarantika, 2022). Tercatat mereka rata-rata menghabiskan waktu beraktivitas di dunia digital, lebih dari 7 jam per hari.

Banyak anggapan dari para pakar bahwa Generasi Z cenderung memiliki jangka perhatian yang lebih pendek karena pengaruh teknologi dan media sosial. Sebagai tenaga pendidik perlu untuk melakukan refleksi bahwa zaman memang telah berubah, maka perlu untuk menyesuaikan. strategi media pembelajaran yang lebih bervariatif dapat menjadi alternatif Solusi untuk  meningkatkan kemampuan pemahaman dan dan konsentrasi mahasiswa.

Salah satu teknologi media pembelajaran baru yang bisa kita kembangkan adalah Podcast. Podcast merupakan potensi baru di dunia broadcasting. 32% generasi Milenial dan Z mendengarkan podcast di aplikasi digital mereka.  Konten media broadcasting memerlukan perencanaan yang matang dan topik-topik yang menarik. Topik pembelajaran bidang sains dan teknologi yang terkesan berat, dapat dikemas menjadi ringan dengan metode wawancara mendalam. Sehingga diharapkan minat belajar mahasiswa kita menjadi lebih meningkat dengan pengembangan konten digital ini. Universitas beken di dunia seperti Harvard University, MIT mempunyai podcast “Ask Harvard Professor”, “news room”, “climate rising”, dlsb. Bahkan podcast-podcast ini dapat kita dengarkan di aplikasi spotify. Top 5 university in the world telah cukup lama menggunakan platform podcast sebagai media publikasi universitas, sekaligus edukasi untuk siswa sekaligus netizen.

Dengan adanya kebijakan dari Bapak Rektor untuk mengembangkan podcast di setiap fakultas akan menjadi baik untuk menjawab komitmen kita dalam meningkatkan kualitas mutu pembelajaran. Dapat sekaligus mampu meningkatkan branding universitas serta menarik calon mahasantri memilih uinsa sebagai tempat mereka bertumbuh. Sehingga dengan media publikasi ini akan menjadi salah satu media agar kampus UIN Sunan Ampel menjadi salah satu rujukan dunia dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan Spiritual keagamaan.