Berita

UINSA Newsroom, Selasa (13/12/2022); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melalui Bidang Kerjasama, Kelembagaan, dan Humas (KKH) memiliki tugas besar dalam upaya memastikan kegiatan Branding Perguruan Tinggi dilakukan dengan baik. Hal ini penting, karena citra positif kampus dapat dibentuk melalui kegiatan branding yang tepat, begitu pula sebaliknya.

Seiring dengan tujuan besar itu, UINSA Surabaya menginiasi kegiatan Pelatihan Jurnalistik Bagi Pengelola Media pada UIN Sunan Ampel Surabaya bertajuk, “Peran Media dalam Mengembangkan Institusi Perguruan Tinggi” pada Selasa-Kamis, 13-15 Desember 2022 di Gedung GreenSA Inn Sidoarjo. Kegiatan ini menghadirkan narasumber antara lain Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo, serta pegiat media dari unsur alumni UINSA Surabaya.

Koordinator Bidang (KKH) H. Ahmad Firdausi, S.IP., M.Fil.I., menjelaskan, bahwa kegiatan ini diinisiasi dalam rangka membekali pengelola media pda universitas maupun unit dengan skill yang baik khususnya di bidang jurnalistik dasar. Guna memastikan kinerja branding universitas berjalan secara cepat, tepat, dan terukur. “Hal ini sebagaimana instruksi Rektor UINSA Surabaya tentang kewajiban one day one post,” ujar H. Ahmad Firdausi.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa dalam kaitannya dengan kebutuhan branding universitas, UINSA Surabaya memiliki beberapa kanal informasi digital antara lain Website, Instagram, Youtube, Facebook, dan juga Twitter yang tersebar di masing-masing unit. Berbagai kanal informasi ini juga meniscayakan kebutuhan akan pengelola media dengan skill yang memadai.

“Kegiatan hari ini menemukan relevansi dengan semangat akreditasi internasional UINSA Surabaya. Publikasi kegiatan-kegiatan yang ada di UINSA tidak mungkin dicover oleh tim di KKH yang berjumlah hanya 9 orang,” terang H. Ahmad Firdausi.

Koord. KKH juga menegaskan, bahwa KKH tidak bisa berjuang sendirian untuk menndukung publikasi. Maka, Koord. KKH secara khusus melaporkan dalam sambutannya, kegiatan ini mengundang sebanyak 119 pengelola media di seluruh unit pada UINSA Surabaya. “Harapan kami tiga hari kegiatan ini bisa berjalan lancar, kita semua diberikan kesehatan lahir dan batin untuk menyukseskan kegiatan ini bersama-sama, untuk memberikan warna yang indah di Wajah UINSA melalui website dan media sosial lainnya,” jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., dalam sambutan mewakili Rektor UINSA Surabaya menyampaikan, bahwa UINSA Surabaya ibarat ‘Gadis’ yang hendak dipinang orang. Maka, tampilan awal dalam hal ini citra kampus menjadi salah satu faktor pengungkit meningkatnya minat stakeholder untuk menjadikan UINSA sebagai kampus pilihan studi dan atau rujukan perguruan tinggi.

Kaitannya dengan kebutuhan akreditasi institusi, Warek AK menjelaskan, bahwa website dan atau media sosial universitas akan menjadi salah satu tempat yang dikunjungi tim asesor. Sehingga dirasa perlu untuk mengelola tampilan dan konten media sosial secara baik. “Mudah-mudahan acara pelatihan jurnalistik ini semakin memperkokoh, memperkuat tim media yang ada di lingkungan UINSA, sehingga bisa mempercantik website kita,” harap Prof. Ali Mufrodi.

Kepada narasumber, Warek AK juga menyampaikan terima kasih atas perkenannya hadir dan memberikan transfer knowledge. Sehingga kompetensi para pengelola media pada UINSA Surabaya diharapkan mampu mengelola media sosial UINSA secara lebih profesional. “Sedianya itu ikut mendukung kebesaran dan mutu pengelolaan Lembaga UIN Sunan Ampel di masa-masa yang akan datang,” imbuh Prof. Mudlofir.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistiok pada hari pertama dibuka dengan paparan materi dari Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo. Pada kesempatan ini, Stafsus secara khusus membagikan pengalaman perombakan website Kementerian Agama RI agar lebih friendly user. Selanjutnya, sharing juga dilakukan Tim Media Alumni terkait pengetahuan dasar jurnalistik serta pemetaan mutu pengelolaan media pada unit yang dikomando langsung Koord. KKH.

Pada hari kedua dan ketiga pelatihan, para peserta akan didampingi langsung Tim Media alumni terkait teknik penyajian informasi pada media sosial baik tulis, visual, maupun audiovisual. (All/Humas)