UINSA Surabaya_Sembilan belas mahasiswa dan dua pendamping pengabdian masyarakat internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UIN Sunan Ampel Surabaya tiba di bandara Kuala Lumpur, sekitar pukul 11.40 waktu setempat.  Rombongan telah ditunggu mobil travel yang disiapkan pengurus PCI NU Malaysia sebagai pihak yang memfasilitasi pengabdian masyarakat internasional FISIP UINSA untuk menuju lokasi penginapan, di Surada Guest House, Kajang Selangor Malaysia, Senin (21/08/202)

Penginapan para peserta pengabdian telah di booking full biaya dan perlengkapannya oleh PCI NU Malaysia. Rombongan diterima H. Hakim (bendahara) dan Mas Arief, alumni UINSA sekaligus sekretaris PCI NU Malaysia.

Penerimaan rombongan di Guest House, sekaligus memperkenalkan mahasiswa FISIP UINSA yang melakukan pengabdian internasional. Kemudian peserta pengabdian melanjutkan diskusi tentang gambaran lokasi kegiatan pengabdian internasional di Selangor Malaysia. Seolah berkejaran dengan waktu, selepas makan siang, di sore hari, sebagian rombongan bersama dosen pendamping pengabdian, Fathoni Hakim, M.Si dan Mas Arief (sekretaris PCI NU Malaysia) menemui mundzir (Takmir) Masjid Al Falah, Haji Yahya.

Mundzir Masjid Al-Falah menyampaikan kesan, bahwa para pengurus masjid Al-falah sangat senang dengan kehadiran peserta pengabdian masyarakat internasioan FISIP UINSA, dan menjelaskan beberapa kegiatan sebagai wadah  partisipasi peserta pengabdian masyarakat.

Setelah selesai bersama mundzir, selanjutnya dilakukan koordinasi lanjuta beriapa pembagian peserta dalam penginapan yang berbeda. Kemudian bersama dosen pendamping lapangan dan 6 peserta laki laki, diantar menuju rumah H. Hakim. Rumah singgah milik H. Hakim, biasa dimanfaatkan para tamu dari Indonesia yang berkunjung ke Malaysia, menjadi lokasi penginapan kedua peserta pengabdian masyarakat di Malaysia.

Rute koordinasi selanjutnya, adalah DPL diantar Mas Arief kembali ke Guest House Surada, menjemput peserta menuju Surau Al Amin yang terleta di Seksyen 8, Bangi Selangor Malaysia. Rombonga melaksanakan sholat Maghrib berjama,ah di Surau Al-Amin, dan mengikuti pengajian bakda Maghrib yang rutin dilakukan setiap hari.

Surau di Malaysia, bukan sekedar langgar atau musholla dengan kegiatan ibadah mahdloh saja. Namun, Surau Al-Amin, juga berfungsi sebagai basis kegiatan sosial keagamaan. Pengorganisasian Surau oleh para Pengerusi (istilah bagi para pengurus surau), dengan jenis kegiatan sholat jamaah rawatib, pengajian tiap malam dan sosial seperti pengumpulan dana infaq, kematian. Sementara infaq di Surau ini bersumber dari jamaah, yang dikelola dalam jumlah besar, dan dimanfaatkan untuk beasiswa bagi putera puteri jama’ah hingga perguruan tinggi.

Selepas sholat isya, dilanjut baca surat Al Mulk, kemudian peserta pengabdian ditemui para pengrus di ruangan samping surau. Ruang samping surau mirip ruang tamu, beberapa kursi dan meja bundar sebagai tempat menerima tamu untuk berkoordinasi. Bersebelahan dengan tempat itu terdapat pantry, untuk membuat kopi. Para peserta disuguhi aroma kopi yang telah tersedia.

Selanjutnya peserta pengabdian internasional ditemui, Abu, H. Mohammad Azman, Imam dan Effendi. Dosen pendamping menjelaskan tujuan pengabdian FISIP UINSA di Selangor Malaysia. Perwakilan pengurus memberi sambutan balik, dan menyampaikan, agar kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat lebih menggali banyak pengetahuan dalam waktu singkat.

“jangan buang buang masa”, Kata Datuk Abu, sesepuh pengurus Surau Al-Amin. Nasihat ini sekaligus berisi pesan agar waktu sebentar di Malaysia bisa dimanfaatkan dengan baik. Selanjutnya Datuk Abu memberi gambaran bahwa surau-surau di Bandar Baru Bangi berada di bawah koordinasi masjid besar Al Hasanah, Sekshen 9 Bandar Baru Bangi, Selangor Malaysia.

Menurutnya, Masjid Al-Hasanah Bandar Baru Bangi membawahi dua puluh surau di Selangor. Selain menjadi wadah aktifitas peribadatan, Masjid Al-Hasana juga menjalankan aktifitas ekonomi seperti koperasi, perkebunan, sekolah dan pemberian dana beasiswa.

Konsolidasi dan koordinasi di hari pertama berakhir hingga pukul 01.00 dini hari, sejak kedatangan dari bandara, gas gas, semoga lancar kegiatan KKN Internasional FISIP hingga tuntas

Kajang, Selangor, 22 Agustus 2023