Berita

Surabaya — (15/08/2024) Bersambung ke hari terakhir dalam agenda Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (PBAK UINSA), kali ini agenda kembali terfokuskan pada tiap fakultas. Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) kembali bertempat di tempat yang sama, yaitu di samping gedung FPK.

Agenda pertama yaitu penyampaian materi oleh alumnus psikologi UINSA, M Fachrul Fatih, S.Psi. Optimalisasi Potensi Mahasiswa dengan Efektivitas Management Leadership Strategy menjadi topik bahasan pertama. Pria yang merupakan mantan ketua SEMA FPK tersebut memberikan penjelasan tentang growth dan fixed mindset sebagai salah satu pedoman yang perlu diperhatikan terutama bagi mahasiswa baru.

Norafika Virly, S.Psi menjadi pemateri selanjutnya. Ia menjelaskan tentang berbagai tips yang perlu diperhatikan dalam sebuah bicara publik (public speaking). Wanita yang merupakan Duta Anti Narkoba Sidoarjo 2017 tersebut menjelaskan ketentuan yang tepat dalam bicara publik, termasuk pelafalan, intonasi, sampai gestur yang harus diperhatikan dalam bicara publik.

Agenda dilanjutkan dengan sesi perkenalan dengan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FPK UINSA, dimulai dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Senat Eksekutif Mahasiswa (SEMA), Himpunan Mahasiswa Psikologi (Himapsi), Himpunan Mahasiswa Gizi UINSA (Himagisa), dilanjutkan dengan Lembaga Pers Mahasiswa Alam Tara (LPM Alam Tara), dan Musik Psikologi dan Gizi (MUGI).

Penampilan inagurasi tiap kelompok menjadi agenda yang ditunggu-tunggu. Setelah istirahat salat zuhur, peserta PBAK yang terbagi dalam tiap kelompok diberi waktu untuk memberikan penampilan terbaik mereka. Dari fashion show, joget tiktok, sampai musikalisasi puisi. Setelah serangkaian PBAK selesai, peserta diarahkan untuk melakukan paper mob dan bersiap untuk arak-arak an bersama peserta sampai ke gerbang depan.

Diharapkan, dengan berbagai rangkaian kegiatan di PBAK hari ketiga ini, mahasiswa baru FPK dapat lebih mengenal lingkungan akademik dan organisasi di kampus. Penampilan inagurasi yang kreatif juga mempererat kebersamaan antar mahasiswa baru, membangun semangat kolaborasi dan inovasi yang akan berguna dalam perjalanan perkuliahan mereka ke depannya.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi