Agenda

Gunung Anyar, Surabaya — (18/10/2023) Dianggap sebagai upaya diagnostik kondisi Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA), Dr. Phil. Khoirun Niam sebut bahwa Audit Mutu Internal (AMI) mirip dengan rontgen tubuh yang digunakan untuk menemukan akar penyebab masalah dalam suatu penyakit.

Kegiatan AMI ini sangat penting demi memastikan bahwa lembaga pendidikan tinggi menjaga kualitas pendidikan dan memenuhi standar-standar yang ditetapkan. Maka dari itu, kegiatan ekspos AMI FPK telah dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2023 di gedung FPK, pukul 08.30 WIB.

Dari pihak luar, kegiatan ekspos AMI ini dihadiri oleh Holilah, S.Ag., M.Si. selaku Kepala Pusat Lembaga Penjaminan Mutu, serta Dr. Abid Rohman, M.Fil.I dan Faris Mushlihul Amin, M.Kom selaku Tim Auditor. Tak ketinggalan, tim UPPS Fakultas, Dekan beserta jajarannya, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, Kepala Laboratorium, Kepala Bagian TU, dan GKM juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dalam prosesinya, Kepala Pusat Lembaga Penjaminan Mutu menyampaikan bahwa Pekan AMI saja dinilai tidak cukup, sehingga tahun 2023 kegiatan diubah menjadi Bulan AMI. Hal ini menunjukkan upaya yang lebih intensif untuk memastikan pemenuhan standar tri dharma perguruan tinggi berdasarkan Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UIN Sunan Ampel Surabaya.
Semoga kegiatan tersebut memberikan hasil yang bermanfaat untuk perbaikan dan pengembangan Fakultas Psikologi dan Kesehatan.

Tim Auditor kemudian memaparkan laporan AMI dimana terdapat beberapa temuan dalam prosesnya, terutama terkait dengan implementasi integrated twin tower dalam pembelajaran di Program Studi Psikologi dan Gizi yang belum memenuhi standar.

Rekomendasi perbaikan dan langkah-langkah yang akan diambil untuk meningkatkan mutu berikutnya pun menjadi hal yang sangat penting. Dalam konteks ini, rencana tindak lanjut akan disusun bersama dalam kegiatan exit strategy AMI ke depan.

Writer: Ayda Zaqiyatunnisa