Berita

Pascasarjana

Monday, 25 July 2022

Pascasarjana UINSA Luncurkan Jurnal Baru

Surabaya-Sebagai bagian dari konsistensi Pascasarjana UIN melahirkan pengetahuan-pengetahuan baru terkait tema-tema keislaman, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya meluncurkan jurnal baru dengan nama Journal of Islamic Thought and Philosophy. Harapannya jurnal ini akan menjadi jurnal terkemuka di kemudian hari, “melahirkan sebuah jurnal adalah perkara mudah, merawatnya adalah hal yang sulit.” kata Direktur Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.  Walau begitu menurutnya, Pascasarjana akan menfasilitasi jurnal ini untuk terus maju dan menjadi jurnal terkemuka kedepannya.

Hingga saat ini, Pascasarjana memiliki beberapa jurnal di antaranya Journal of Indonesian Islam (JIIs), Islamica, Javano Islamicus, Journal of Islamic Education Studies (JOIES), Jalsat: Journal of Arabic Language Studies and Teaching, dan Sosio Yustisia: Jurnal Hukum dan Perubahan Sosial. Dengan adanya jurnal-jurnal ilmiah yang dikelola ini diharapkan agar menjadi penanda Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi pusat produksi diskursus keislaman kontemporer.

Dalam peluncuran yang dikemas dengan acara seminar “Cyber Islam: Ekspresi Islam di Sosial Media”, Pascasarjana UIN Sunan Ampel juga menghadirkan Fahrudin Faiz, Yeni Yuningsih, dan Ahmad Nur Fuad.  Faiz lebih banyak berbicara tentang kecerdasan digital dengan menggunakan teori Bordoue, sedangkan Yuningsih lebih banyak melihat apa selanjutnya yang bisa kita lakukan. Adapun Nur Fuad lebih banyak berbicara tentang kebijaksanaan dalam mencerna dan memproduksi pesan-pesan di sosial media. (iks)