Berita

Ketua LPTK UINSA, Prof. Dr. Muhammad Thohir, S.Ag, M.Pd. menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Persiapan akhir UP-UKMPPG Dalam Jabatan Periode 1 Tahun 2024 Kementerian Agama RI. LPTK UINSA diundang dalam acara yang digelar pada Kamis-Sabtu, 15-17 Pebruari 2024, di Hotel Royal Malioboro dalam kapasitas sebagai salah satu perguruan tinggi yang dipercaya Kememterian Agama RI sebagai pelaksana UP secara nasional.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, 3 perwakilan pimpinan LPTK yang juga ditunjuk sebagai pelaksana ujian, yakni LPTK UIN SGD Bandung, LPTK UIN Sunan Kalijaga dan LPTK UIN Syarif Hidayatullah. Selain itu juga hadir, Prof Dr. Rohmat Mulayana Sapdi M.Pd. (Plt. Direktur PAI), Fakhrurrozi, SS. (Kasubdit Bina MI/MTs), M.Si Dr.M.Munir, S.Ag.MA (Kasubdit PAI), Dr. H.M.Khoirur Rifa’i M.Pd.I (Kasi PN Kemenag), Tim Panitia Nasional, Tim UP, dan Tim IT.

Ketua LPTK UIN SGD, Fakry Hamdani, M.Hum, M.Res, Ph.D, selaku Koordinator Pelaksana, melaporkan bahwa UP-UKMPPG yang akan diselenggarakan pada Sabtu tanggal 17 Pebruari 2024 dilakuka hanya 1 sesi, pukul 08.30-11.30 wib. Peserta secara nasional terdiri drai 4.517 peserta, dengan peserta berkebutuhan khusus 17 orang. Jumlah tersebut terbagi dalam 4 LPTK penyelenggara.

“Saya berharap pertemuan ini dapat mengevaluasi kesiapan teknis untuk pelaksanaan UP lebih baik,” terang Plt. Direktur PAI, Rohmat Mulayana Sapdi, saat memberikan sambutan. Perihal kesiapan butir soal, kepengawasan, piranti IT, dan perhatian dan perlakuan khusus terhadap peserta yang difabel menjadi topik FGD yang didiskusikan.

“Secara teknis, LPTK UINSA Surabaya siap untuk mensukseskan pelaksaan UP-UKMPPG pada Sabtu ini,” kata Muhammad Thohir, Ketua LPTK UINSA Surabaya, saat setelah menandatangi PKS Pelaksanaan UP-UKMPPG 2024. Dia juga berharap, bahwa dengan persiapan lebih baik itu dapat meraih peningkatan persentase kelulusan peeserta ujian dari periode sebelumnya.